Fanda and Fitness

Fanda and Fitness
Seorang wanita yang semangat melakukan fitness demi kesehatan dan pembentukan tubuh!
There was an error in this gadget

Followers

Get My Fitness Latest News

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Popular Posts

There was an error in this gadget

My Blog Listing

Blog Directory
Monday, September 20, 2010

Elliptical Trainer Untuk Cardio Exercise


Sedang iseng, aku menemukan sebuah video lucu di Youtube. Ini linknya.... Video itu memperlihatkan seekor kucing yang lagi terbengong-bengong dengan sebuah mesin Elliptical Trainer. Apaan tuh? Elliptical Trainer adalah salah satu mesin cardio yang biasa ada di gym, selain treadmill.
Melihat lucunya aksi si kucing yang naik-turun step di elliptical trainer itu, aku jadi pengen menulis tentang latihan ini, meski aku sendiri gak demen sekaligus gak pernah melakukannya.

Buat kamu yang suka aktif, dan treadmill jadi membosankan, elliptical trainer bisa menjadi salah satu alternatif. Latihan ini baik juga bagi mereka yang rawan cedera sendi, karena tak seperti treadmill, di mana kaki kita bergerak 'melawan' dataran, pada elliptical trainer kaki kita diam saja di pedal, dan justru mesinnya yang akan membawa kaki kita bergerak bergerak mengayun (lihat video si kucing saat pedalnya berayun naik-turun, seperti itulah gerakan elliptical trainer). Treadmill memang latihan yang dapat memperkuat tulang, sedang elliptical trainer lebih 'lembut' pada tulang dan persendian.

Bisa dibilang gerakan elliptical trainer adalah kombinasi dari jalan dan mendaki tangga. Kalau pada treadmill, hanya bagian bawah tubuh yang aktif, maka di elliptical trainer kamu bisa memilih untuk mengaktifkan tubuh atas sekaligus tubuh bawah, atau hanya tubuh bawah saja.

Lihat konstruksi mesin elliptical trainer ini... Gambar diambil dari munfitnessblog[dot]com

Ada pegangan untuk tangan, lalu ada pedal untuk kaki. Bila kamu mau melatih kedua bagian tubuh, gerakkan tanganmu bersama dengan kayuhan kakimu. Saat kamu capek, kamu bisa saja hanya meletakkan tangan di pegangan itu hanya untuk menahan tubuh (tanpa menggerak
kannya secara sengaja).

Elliptical trainer juga bisa dijalankan dua arah, maju dan mundur. Keduanya memiliki manfaat untuk melatih otot yang berbeda. Mengayun pedal ke arah belakang akan memberikan kontraksi di otot quadriceps. Bisa dibilang elliptical trainer adalah salah satu mesin fitness yang sekaligus melatih banyak otot pada saat bersamaan.


Otot-otot yang distimulasi saat kamu latihan elliptical trainer adalah:

Quadriceps (otot paha bagian depan)
Hamstrings (otot paha bagian belakang)
Glutes (otot pantat)
Chest (otot dada)
Back (otot punggung)
Triceps (otot lengan atas bagian dalam-belakang)

Biceps (otot lengan atas bagian luar-depan)
Gambar samping kanan: elliptical trainer tanpa pegangan tangan

Fungsi utama latihan ini adalah membantu mengencangkan otot-otot itu, bukan membangun otot. Membangun otot hanya bisa dilakukan dengan latihan beban. Dan tentu saja, kamu bisa membakar kalori dan lemak dengan latihan ini. Apalagi kalo kamu memasang beban yang lebih berat (kayuhan pedal bisa terasa lebih berat)

Menurutku pribadi, latihan elliptical trainer bagus banget untuk pemanasan sekaligus cardio exercise sebelum latihan beban, atau dengan kata lain sebagai alternatif aerobik atau treadmill. Bagaimana? Siap mencoba elliptical trainer saat kamu ngegym?


Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

12 comments:

gerhanacoklat said...

salam kenal sist fanda
wah sepertinya dirimu sangat bugar yaaa
aku juga pengen rajin fitness tapi belum tau kapan hehe

Fanda said...

@gerhanacoklat: hai...salam kenal juga. makasih udah mampir. Ayo mulai dari sekarang dong fitnessnya biar kita sama2 saling menyemangati!

Media Kesehatan said...

Salam kenal sahabat...
artikel yang sangat membantu nih... kebetulan saya pengen ngegedein badan... :D
oy linkx dah saya pasang.. mohon di cek..

NgePas said...

wah.. blog yg berisi fitnes nih.. kebetulan saya kuyus.. :)Salam kenal

Fanda said...

@Media Kesehatan: makasih udah mampir. Baguslah kalo lagi pengen membangun otot, sering2 kesini yah! Thanks juga udah pasang linkku.

@NgePas: kalo kurus, harus membangun otot dong, biar lebih 'berisi'

Puskel said...

Idealnya melakukan fitness ini berapa kali sehari ya..Tksi..
BTW, tentang tukaran link, silakan dengan senang hati diterima. Mohon dikabarkan lagi ya.. Makasi.
SALAM Kenal dari Kendari.

Fanda said...

@Puskel: maksudnya berapa kali seminggu mungkin ya? Idealnya sih 3-4 kali. Tergantung kebutuhan juga. Makasih ya udah jauh2 berkunjung dari Kendari...

batavusqu said...

Salam Takzim
Mrs. Fanda bersyukur saya tersasar di rumah ini karena saya bisa mengetahui banyak agar tubuh tetap bugar, semoga tetap eksis ya dan salam kenal dari pesisir Selatan Jakarta, ditunggu kunjungan baliknya mrs
Salam Takzim Batavusqu

j4j said...

Mbak fanda...!!! mohon maaf lahir batin mbak...!!! maaf baru bisa mampir, lg sibuk... sibuk liburan... hehehe...!!!

Puskel said...

BTW, balik lagi melaporkan, link blog ini sudah dipasang dalam Mediator PusKel dengan nama Blog FandaFitness. Silakan dikoreksi seperlunya.
Terimakasih telah berkenan berbagi..

garmin 305 forerunner said...

Artikel yang sangat berguna, makasih banyak.

Anonymous said...

Wah sit Fanda aku pernah nyoba nih alat, tapi kok rasanya cepet banget pegelnya apalagi lututku...