Fanda and Fitness

Fanda and Fitness
Seorang wanita yang semangat melakukan fitness demi kesehatan dan pembentukan tubuh!
There was an error in this gadget

Followers

Get My Fitness Latest News

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Popular Posts

There was an error in this gadget

My Blog Listing

Blog Directory
Thursday, September 9, 2010

Latihan Perut Sehabis Operasi


Posting kali ini untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan seorang teman bloggerita lewat kotak komentar. Teman kita ini setahun yang lalu pernah menjalani operasi di bagian perut yang tergolong mayor (operasi besar). Dan setelah itu, ia mendapati otot di area perutnya menjadi gak k
encang (kendor). Pertanyaannya, latihan perut macam apakah yang aman untuk pasca operasi, sekaligus ampuh membabat lemak di perut serta membuatnya kencang kembali?

Menurutku sih, sebaiknya harus konsultasi ke dokter dulu pertama-tama. Walaupun rasanya jeda setahun sudah terbilang aman untuk melakukan latihan, tapi tetap pertimbangan dokter akan lebih mantap.

Jadi, saat ini aku akan memberikan dua latih
an perut yang terbilang paling aman dilakukan, tak terlalu berat membebani otot perut, sekaligus tetap bisa mengencangkannya meski tidak instan. Biasanya makan waktu beberapa bulan hingga kelihatan hasilnya (harus sabar ya!)

Crunches

Atau biasa disebut sit up. Ada banyak cara melakukan Crunches ini, ada yang sambil membawa dumbbell, ada yang di bangku reclined (miring, kepala lebih rendah dari perut), ada yang
dengan menaikkan kaki dsb. Aku menganjurkan melakukan Crunches seperti gerakan ke-2 di 4 Super Exercise untuk perut. Yaitu dengan menjulurkan tangan lurus hingga menyentuh lutut ketika melakukan crunches. Dengan begitu keseimbangan tubuh lebih terjaga. Tapi jangan sampai tumpuan tubuh pindah ke kedua tangan ya, tumpuan harus tetap pada perut. Tangan hanya membantu saja. Dan jaga agar kepala dan leher tidak melengkung ke depan. Lihat contoh di gambar, posisi kepala selalu sejajar dengan batang tubuh. Gambar diambil dari women[dot]webmd[dot]com.


Reverse Crunch

Gambar diambil dari blog[dot]women-workout-routines[dot]com.

Latihan ini juga sudah dijelaskan secara detail di 4 Super Exercise untuk perut (gerakan ke 4). Gerakan ini tidak terlalu berat, jadi cukup aman dilakukan.

Untuk awalnya cukup lakukan Crunches sebanyak 8-10 repetisi saja. Lalu jeda sejenak (1-2 menit), dan diteruskan dengan Reverse Crunch 8-10 repetisi. Kalau kamu merasa sakit atau tak nyaman selama latihan, langsung berhentikan saja dan konsultasi ke dokter ya! Kalau ternyata aman dan latihan itu sudah gak terasa berat, boleh ditambah menjadi 2 set, dan lama-lama jadi 3 set, dengan jeda masing-masing 1-2 menit.

Semoga posting ini membantu kamu mendapatkan perut yang kencang dan sexy kayak gambar di bawah ini (bikin ngiri dot com ka
aaan?...). Ngeliat gambar ini jadi iseng pengen majang di blog ini. Bisa jadi penambah semangat loh!

Gambar dipinjam dari ab-core-and-stomach-exercises[dot]com

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

3 comments:

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, iya ramping amat tuh perutnya...hiks..

Fanda said...

@Fanny: jangan cuma ngiri aja fan, mulai latihan dong!!

MOnica said...

Duh kapan ya perutku bisa gitu hahahaha...melar gara2 abis ngelahirin nih