Fanda and Fitness

Fanda and Fitness
Seorang wanita yang semangat melakukan fitness demi kesehatan dan pembentukan tubuh!
There was an error in this gadget

Followers

Get My Fitness Latest News

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Popular Posts

There was an error in this gadget

My Blog Listing

Blog Directory
Thursday, September 16, 2010

Aerobik vs Latihan Beban


Sebuah pertanyaan lagi terlontar dari seorang teman:


oh ya mbak, kpn2 share ttg perbedaan manfaat aerobik dan fitness ya..krn aku biasanya ikut aerobik. Makasih.

Sebelumnya, perlu aku jelasin dulu bahwa yang disebut fitness adalah semua kegiatan olahraga yang biasa dilakukan di gym. Fitness itu terdiri dari 2 bagian: aerobik dan anaerobik, atau yang biasa kita sebut sebagai latihan beban. Yuk kita kupas bersama perbedaan masing-masing latihan...

Sumber energi

Aerobik adalah latihan yang menggunakan oksigen dalam rangka memberi energi pada tubuh kita. Sedang latihan beban menciptakan energi tanpa membutuhkan oksigen, melainkan dari sumber kimiawi lain dalam tubuh. Hal itu disebabkan karena latihan beban atau anaerobik membutuhkan lebih banyak energi (tidak cukup hanya dari oksigen).

Detak jantung

Sebuah latihan dikatakan latihan aerobik apabila membuat detak jantungmu lebih dari 70% dari detak jantung maksimum. Untuk pria, detak jantung maksimum adalah 220 minus umurmu, sedang untuk wanita adalah 225 minus umurmu. Jadi kalau kamu wanita berumur 30 tahun, maka detak jantung maksimummu adalah 225-30 = 195. Ketika detak jantungmu lebih dari 70% x 195 = 136,5 maka latihan yang kamu lakukan masuk golongan aerobik. Latihan beban ada di bawah range itu.

Fungsi utama

Latihan aerobik terutama baik bagi kesehatan jantung dan pernapasan serta kelancaran peredaran darah. Sedang latihan beban diutamakan untuk membangun otot dan tulang yang bagus, selain bagi kesehatan dan kelancaran peredaran darah. Keduanya juga dapat membakar kalori. Lihat poin berikutnya...

Pembakaran kalori

Dilihat dari kemampuan membakar kalori, latihan beban unggul 5:1 atau bahkan 7:1 dibanding aerobik. Jika latihan aerobik membakar 25% otot dan 75% lemak, maka latihan beban 100% membakar lemak.

Jenis latihan

Aerobik - terdiri dari senam aerobik, tarian yang gerakannya cepat, jogging, treadmill, sepeda statis, steps exercises, tennis, squash, dll. Yang jelas, latihan ini akan bikin napas ngos-ngosan.


Latihan aerobik dgn mesin & kelas aerobik

Latihan beban - latihan dengan menggunakan beban seperti dumbbell, pemberat kaki/tangan, barbell, resistance band. Juga yang menggunakan mesin dengan beban, dan latihan yang menggunakan tubuh sendiri sebagai beban (sit up, latihan perut, squat, dll.)


Latihan beban dgn dumbbell & mesin

Lalu pertanyaannya, latihan mana yang paling baik? Tentu saja itu kembali pada kebutuhanmu dalam berolah raga. Yang terbaik menurutku sih tetap mengkombinasikan keduanya, aerobik dan latihan beban. Karena latihan beban memiliki manfaat plus yaitu membangun otot dan tulang. Jika targetmu hanya untuk kesehatan, kamu bisa melakukan aerobik dengan porsi lebih banyak dan ditambah sedikit latihan beban. Tapi kalau kamu ingin menurunkan berat badan dan membentuk tubuh, pilihlah latihan beban dengan porsi lebih banyak dan berlatihlah aerobik untuk pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah latihan.

Semoga bermanfaat ya, dan kalau teman-teman punya pertanyaan lain mengenai fitness, silakan menuliskannya di kotak komentar. Sebisaku, akan aku jawab dalam postingan. Selamat fitness yaa!!


Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

7 comments:

joanna said...

siipp..makasih mbak fanda..jadi aku tau apa yg hrs aku lakukan..latihan beban dengan porsi lebih banyak dr latihan aerobik ( utk pembentukan tubuh )..okay..makasih sekali lagi ya postingannya.

Fanda said...

@joanna: Sama-sama. Senang bisa mengarahkan latihanmu. Ayo..kapan mulai lagi nih fitnessnya? Ditunggu cerita2nya loh!

lina@women's perspectives said...

Oke banget nih ulasannya...makasih banget Fanda :-)

Fanda said...

@lina: sama-sama, semoga membantu..

Noor's blog (inside of me ) said...

Wadoooh...dah lama ngga mampir ke rumahnya Mba Fanda, ternyata kegiatan dah tambah jadi guru fitness juga. Wah..mantap deh !


Salam hangat & sukses selalu...

Fanda said...

@Noor's blog: hahaha...bukan guru fitness lagee.. Kan aku cuma berbagi info dari hobi aja! Makasih ya dah mampir

purity12lover said...

I’ve read a lot of testimonials about Purity 12. I really thought it was just another weight loss product. But when my sister started using it I was really amazed by the effects of it on her body. It did not only make her lose weight but also made her really sexy, fit and healthy! Because of that I tried using it as well, and it never failed me. http://if1s.com?139