Fanda and Fitness

Fanda and Fitness
Seorang wanita yang semangat melakukan fitness demi kesehatan dan pembentukan tubuh!
There was an error in this gadget

Followers

Get My Fitness Latest News

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Popular Posts

There was an error in this gadget

Female & Health Blogs

My Blog Listing

Blog Directory
Wednesday, September 1, 2010

Makan Dan Fitness


Posting ini untuk menjawab pertanyaan seorang teman, Joanna. Namun, mungkin banyak di antara kalian yang pernah atau akan menghadapi dilemma yang sama. Sebaiknya sebelum berangkat fitness, kita makan dulu apa tidak?

Aku ingin share tips ini berdasarkan pengalaman dan juga teori yang pernah aku dapat.

Jangan fitness dengan perut kosong
Jangan fitness dengan perut kekenyangan

Nah…pasti pada bingung kan? Perut kosong gak boleh, perut kenyang juga gak boleh. Trus gimana dong?

Setiap kali kamu hendak fitness, pastikan satu-dua jam sebelum fitness perutmu sudah terisi makanan ringan. Jangan makan lagi dalam jangka waktu satu jam hingga kamu mulai fitness. Pastikan juga jadwal fitnessmu paling tidak 3-4 jam setelah makan besar (makan siang, makan malam).

Melakukan exercise atau fitness dengan perut kosong menyebabkan kadar gula dalam darah turun, dan akibatnya kamu akan merasa lemas dan cepat lelah, sehingga kamu tak bisa menyelesaikan fitness dengan efektif.

Sebaliknya, fitness dalam keadaan perut penuh membuat perutmu terasa sakit, atau pencernaanmu akan terasa tak nyaman. Proses pencernaan berlangsung sekitar minimal 1 jam. Aku pernah mencoba makan yogurt kira-kira hanya 45 menit sebelum mulai fitness, dan perutku langsung sakit. Tapi kalau aku beri jarak paling sedikit 1 jam, aman deh.

Lalu apa yang harus dimakan 1-2 jam sebelum fitness itu? Makanan yang ringan tapi mengandung gizi yang banyak. Aku memilih yogurt untuk fitness hari Minggu pagi dan selembar roti tawar dengan isi selai sebelum fitness sore hari. Kamu bisa juga memilih segelas susu atau sebuah pisang. Apa saja yang ringan asal dapat meningkatkan kadar gula darahmu.

Bagaimana dengan setelah fitness?

Ada teman cewekku yang terheran-heran ketika mendengar aku makan malam setelah pulang fitness. Katanya: “Loh, kan percuma aja kamu susah-susah bakar lemak terus kamu isi lagi?” Nah…itu pendapat yang salah besar. Justru 2 jam setelah fitness, terutama latihan beban, kita harus makan untuk mengembalikan energy yang udah kita kuras habis-habisan selama fitness, dan untuk mengoptimalkan pembentukan otot.

Makan apa?

Karbohidrat dan protein! Jangan buang karbohidrat dengan alasan kamu lagi diet. Karena tubuhmu membutuhkan karbohidrat untuk energy. Sedang protein (usahakan yang low fat) penting untuk pembentukan otot.

Jadi…jangan sampai skip lunch atau skip dinner setelah kamu fitness ya! Kasihan deh tubuhmu yang baru kamu suruh kerja berat gak dikasih makan!!

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

11 comments:

Sang Cerpenis bercerita said...

ok deh..nanti kalo fitness aku perhatikan tipsmu ini.

TriZ said...

Mba Fanda instruktur senam yah ? faham banget gitu loh.. begini mba masalahnya, tubuhku kalo dibawa olahraga bawaanya lapar melulu, jadi lebih gembul, pengen sih ngikutin tipsnya mba Fanda, harus dipaksain kali yah..

Asty said...

Tips2 dari Mbak Fanda bikin org jadi fun utk jalanin fitness dan diet sehat...Sy praktekin juga lho... ;)

catatan kecilku said...

Wah, rupanya mbak Fanda sedang semangat dg blog yg ini ya..? Updatenya rutin euy... :)

the others.... said...

Pengen banget kayak mbak Fanda yg cinta olahraga...

joanna said...

Makasih banyak mbak Fanda :) soalnya aku bingung sih kalo mau senam atau fitness itu makannya harus gimana..biasanya diriku malah ga berani makan, takut sakit perut..Thanks artikelnya ya mbak

Fanda said...

@Fanny: ehm ehm..jadi Fanny akhirnya mau fitness ya?

@Triz: hahaha...bukaaan! Itu karena banyak baca dan pengalaman sendiri aja. Mungkin bawaan lapar krn kamu gak makan sebelumnya. Coba deh dgn tips itu.

Fanda said...

@Asty: senangnya...tipsku ada yg ikutin, Hehe...jd makin semangat posting nih!

@Mbak Reni: dulunya ogah2an mbak, jadi semangat karena keliatan ada hasilnya.

@joanna: makasih juga udah bertanya, jd bisa share tips buat teman2 lain. Semangat ya!!

Wanita Indonesia-IFS said...

duh infonya lengkap banget, jadi nambah ilmu nih. Makasih infonya

manis.asam.asin said...

bener gak kalo makanan itu ngaruh juga dengan golongan darah??

Fanda said...

@Wanita Indonesia-IFS: sama-sama...

@manis.asam.asin: wah kalo soal hub makanan & gol. darah aku gak gitu ngerti tp denger2nya emang ada hubungannya. Kan banyak tuh buku2 ttg itu