Fanda and Fitness

Fanda and Fitness
Seorang wanita yang semangat melakukan fitness demi kesehatan dan pembentukan tubuh!
There was an error in this gadget

Followers

Get My Fitness Latest News

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Popular Posts

There was an error in this gadget

My Blog Listing

Blog Directory
Tuesday, September 21, 2010

7 Cara Perbaiki Metabolismemu


Program penurunan berat badan atau weight loss amat bergantung pada yang namanya metabolisme tubuh. Kamu pasti sudah paham bahwa tingkat metabolisme tiap manusia itu berbeda. Ada orang yang udah makannya porsi besar, sering, tapi tetap saja kurus. Sebaliknya ada juga yang makannya udah dikurang-kurangi (kadang hingga menahan lapar) tapi masih saja gemuk (fenomena yang sering bikin iri ya?). Nah, aku ingin share 7 cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki metabolismemu. Meski cara-cara ini bukanlah sihir yang akan bikin beratmu tiba-tiba hilang, paling tidak metabolisme yang lebih baik dapat menurunkan berat badan lebih cepat menuju ke berat idealmu. Yuk kita lihat sama-sama...

1. Tidur yang cukup

Sebuah penelitian telah mengungkap bahwa wanita yang setiap hari tidur rata-rata 7 jam beratnya sekitar 5,5 pounds lebih ringan daripada mereka yang tidurnya hanya 5 jam atau malah kurang. Kurang tidur akan memperlambat metabolisme sehingga kemampuan tubuh untuk mengolah makanan sebagai energi berkurang, dan akibatnya makanan akan disimpan sebagai lemak. Hayoo..siapa yang masih suka memangkas jam tidur?

2. Hindarkan stress

Memang susah-susah gampang tips satu ini. Tapi, stress memang dapat membuat orang tidur lebih sedikit dan cenderung makan lebih banyak (untuk mendapat tambahan energi). Hal itu mengganggu proses kelenjar tiroid dalam menghasilkan hormon yang mengatur metabolisme. Akibatnya...berat badan naik, depresi dan kelelahan.

3. Selalu sarapan

Meninggalkan sarapan di pagi hari dapat memperlambat metabolisme. Usahakan untuk selalu sarapan, tapi pilih makanan yang mengandung protein. Kamu bisa melahap misalnya omelet dengan sayuran.

4. Banyak bergerak

Ini memang yang bikin makin banyak orang mengaku kegemukan. Kayaknya internet dan televisi serta teknologi canggih banyak menyumbangkan pengaruh membuat orang makin malas bergerak. Coba untuk mengurangi duduk. Saat menerima telepon, berjalan-jalanlah. Saat harus naik/turun beberapa lantai, pakailah tangga, bukan lift. Meski ada office boy di kantor atau asisten rumah tangga di rumah, berjalanlah sendiri ke dapur untuk mengambil minuman, misalnya.

5. Jauhilah junk food

Seperti kita tahu juga, junk food mengandung banyak gula, kayak kalori dan lemak jahat. Namun sebuah penelitian akhir-akhir ini mengungkapkan bahwa ada junk food dapat menstimulasi suatu gen dalam tubuh kita yang akan mendorong tubuh menyimpan kelebihan lemak sehingga menyebabkan kegemukan. Ingin makan sesuatu di luar jam makan? Pilihlah buah yang manis, jangan donat J.Co!!

6. Cek ulang diet dan fitnessmu

Setelah turun beberapa kg dari target, kamu merasa beratmu gak bisa turun lagi hingga mencapai target? Seolah program weight loss-mu nyangkut di satu titik? Itu karena dengan beratmu yang semakin ringan, kebutuhanmu akan kalori harusnya semakin kecil (karena tenaga yang kamu butuhkan turun). Cek ulang dietmu, mungkin kamu perlu makan lebih sehat lagi, dan cek juga latihanmu agar kamu dapat membakar kalori lebih banyak (kalau dulu kamu lebih banyak latihan cardio, sekarang perbanyaklah latihan beban).

7. Angatlah beban!

Jangan takut berlatih angkat beban. Latihan beban membakar lebih banyak kalori daripada latihan cardio dan aerobik manapun. Saat aerobik kamu hanya membakar lemak saat latihan. Tapi dengan membangun otot pada latihan beban, pembakaran kalori terjadi jauh setelah latihan usai. Bahkan saat kamu tidur sekalipun!

Jadi...tunggu apalagi, praktekkan tips di atas kalo kamu mau beratmu segera turun!


Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

10 comments:

catatan kecilku said...

Seringkali di kantor kalau kerjaan numpuk dan dikejar deadline.. aku stress juga sih... :)

the others... said...

Aku selalu rajin sarapan kok mbak..
BTW, maaf banget baru bisa mampir mbak. Sampai hari ini internet di rumah mati... Hikss...
Jadi di rumah mati gaya deh... (sst... ini di kantor mbak hehehe)

neng rara said...

assalamualaikum..
halo fanda..
aduh saya kurang bergerak jadi sering pegal-pegal..
besok dinas luar ke bengkulu..mau bawa sepatu sport ah biar lari pagi disana...buat memperbaiki metabolisme tubuh hehehe
salam

tfd said...

setelah itu : dapatkan hasilnya...!!! eng ing eng...kurus....

Fanda said...

@mbak Reni: Baguslah kalo rajin sarapan, moga2 juga rajin wira-wiri di kantor biar lebih sehat meski stress...

@neng Rara: Memang pegal2 timbul krn kurang olahraga. Ditunggu deh oleh2 cerita lari paginya di Bengkulu yah!

@tfd: hehehe...yg penting prosesnya dulu dijalani. Kurus dianggap bonus aja

Blog Pengembangan Diri | Motivasi Sukses | Tips SEO | Blogger Tutorial | Download e-Book Gratis said...

WAH sangat penting banget neh poin2 diatas mbak, makasih uuntuk pencerahannya hehehe :D

Puskel said...

Untuk sarapan, kalau hanya makan buah bagaimana, bagus nggak..?
Terus angkat beban, bisa yang ringan-ingan saja khan dilakukab mandiri. Tksi tanggapannya..

Fanda said...

@Puskel: sarapan buah juga OK. Tapi pilih yg mengenyangkan, seeprti pisang. Kalo mau ditambah oatmeal atau susu.
Mengenai angkat beban, boleh ringan2 saja kalo memang tak ada keinginan membesakan otot. Kan angkat beban juga baik utk melindungi tulang

j4j said...

mbak fanda tipsnya banyak banget, semua komplit dan menarik...!!! penasaran, lulusan sekolah kesehatan ya mbak...???

Fanda said...

@j4j: iya nih. Lulusan sekolahnya mbah Google, hehehe...