Fanda and Fitness

Fanda and Fitness
Seorang wanita yang semangat melakukan fitness demi kesehatan dan pembentukan tubuh!
There was an error in this gadget

Followers

Get My Fitness Latest News

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Popular Posts

There was an error in this gadget

My Blog Listing

Blog Directory
Wednesday, September 15, 2010

Mengatasi Godaan Makan Di Luar Selama Diet


Tahu gak, godaan yang mungkin paling berat bagi orang yang lagi menjalani
program diet? Makan di luar. Makan di luar bukan hanya ketika kamu pengen jajan atau wisata kuliner saja. Makan di luar termasuk juga acara lunch atau dinner yang diadakan oleh tempat kerjamu, acara pesta ultah, kawin dsb, acara seminar yang (pasti) ada makanannya, acara reuni (yang sekarang menjamur) yang biasanya diadakan juga di tempat makan atau cafe. Dan yang terakhir adalah di tempat kerja.

Kita tak mungkin menghindar dari acara-acara social gathering semacam itu. Lalu bagaimana kalau makanan yang dihidangkan tidak sesuai dan sejalan dengan diet yang sedang kita jalankan? Jangan putus asa, ada beberapa kiat yang bisa kamu ikuti.

Batasi acara sosial

Kalau menghindar tak mungkin, coba untuk membatasi acara-acara sosial kamu yang melibatkan acara makan-makan. Atau kalau tak mungkin, makanlah dulu di rumah lalu datang terlambat di acara itu saat semua orang sudah makan. Kau bisa mengelak dari tawaran makan dengan alasan sudah makan.

Rencanakan fitness dan diet

Undangan acara sosial biasanya beberapa hari di depan. Sebelum hari H kamu bisa merencanakan perlakuan khusus sebelum menyantap makanan tinggi kalori/lemak yang akan disajikan di acara itu. Tambah waktu fitness kamu, dan selama 2 hari sebelum hari H, santaplah makanan yang 'ringan' dan 'sehat'. Benar-benar hindari lemak dan kalori agar kamu tak kelebihan kalori sekaligus bisa menikmati saat-saat menyenangkan di acara sosialmu.

Jangan habiskan makanan sisa

Pada acara-acara tertentu, si tuan rumah sudah menghidangkan makanan dalam porsi tertentu di piring. Sebelum makan, periksalah dahulu apakah porsi itu sesuai porsi anda. Bila tidak, pisahkan porsi anda dan habiskan porsi itu. Tinggalkan sisanya di piring, jangan habiskan hanya karena sungkan. Anda bisa segera memberikan piring kepada pelayan atau membawanya sendiri ke dapur/tempat menumpuk piring kotor. Dengan begitu, diet anda pun tetap selamat dan anda tetap menghormati si tuan rumah.

Ketika makan di restoran dan porsinya terlalu besar, makanlah sesuai porsimu dan minta pelayan untuk membungkus sisanya untuk kau bawa pulang kalau kamu tak mau ada sisa di piringmu. Sisa itu bisa kau berikan pada hewan peliharaanmu di rumah, jangan kau makan sendiri setibanya di rumah loh!!

Cicipi makanan 'jahat', pilih makanan 'baik' di pesta prasmanan

Saat sebuah pesta keluarga atau reuni menghidangkan makanan prasmanan, anda boleh memilih makanan yang berkalori atau lemak tinggi sedikit saja, hanya untuk mencicipi (kadang-kadang tuan rumah punya masakan spesial dan akan tersinggung kalau kamu gak mau mencicipi). Untuk makanan utama, puaskan rasa lapar anda dengan makanan yang sehat yang sesuai diet anda. Dan yang pasti, fokuslah pada teman-teman atau keluarga yang jarang anda temui itu. Jangan pergi ke acara sosial karena makanannya!

Peganglah kendali di restoran

Saat ada acara keluarga atau bersama rekan kerja di restoran, seringkali kita tak bisa memilih restoran tertentu yang sesuai dengan diet kita. Jangan menolak, tapi kamu harus jeli dalam memilih hidangan yang hendak dipesan. Telitilah apakah ada makanan yang 'ringan' dan sehat yang sesuai diet anda baik dalam hal kandungan maupun porsinya. Atau, kalau tak ada, pesanlah dua makanan pembuka (misalnya salad dan sup). Mintalah agar bahan tambahan (saus, mentega, krim asam dll) ditempatkan terpisah. Kalau tak mungkin, mintalah porsi bahan tambahan dikurangi khusus untukmu.

Pertimbangkan perbedaan makan di rumah

Rumahmu juga bisa menjadi pusat godaan diet yang berbahaya. Itu kalau kebiasaan anggota keluarga lain di rumah itu berbeda dengan dietmu. Alih-alih minta mereka mengikuti dietmu (kalau mereka mau oke aja sih, tapi 90% pasti tak mau!) atau menyerah dan mengikuti cara makan mereka, aturlah sedemikian rupa agar makanan yang sesuai dietmu lebih mudah kau lihat dan kau raih. Pisahkan makanan yang tak sesuai dietmu dan cari penyimpanan yang tak mudah kau jangkau. Bila kamu memasak makanan untuk orang lain yang tak sesuai dietmu, pisahkan masakan untuk dirimu sendiri yang sesuai dietmu.

Bawa camilan sendiri ke kantor

Ada kantor yang punya kantin atau kafetaria, ada juga yang dekat dengan penjual makanan. Tapi belum tentu makanan yang tersedia sesuai dengan dietmu. Cara paling ampuh untuk mencegahmu kelaparan dan terpaksa membeli makanan tak sehat, rencanakan dan bawalah sendiri camilan dari rumah.

Belilah camilan yang sehat dan rendah kalori (tapi jangan saat kau lapar) untuk simpanan di rumah. Siapkan dalam wadah-wadah kecil yang sesuai porsi dietmu untuk kau bawa ke tempat kerja. Hal yang sama berlaku untuk di rumah. Dengan membatasi porsi, takkan ada resiko kamu nyemil terlalu banyak tanpa terasa (sambil asyik ngobrol misalnya..).

Semoga dengan cara-cara di atas, kamu tetap bisa mengontrol dietmu dengan baik, sambil tetap memelihara hubungan sosial yang baik dengan teman, rekan kerja, dan keluarga. Bagaimana pun juga, sehat lahir dan batin adalah kesehatan yang paling ideal buat kita kan? Selamat berdiet!

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

7 comments:

sobatsehat said...

oke boleh tukeran link. sekarang udah bisa kan komennya?

attayaya lampu colok said...

kalo dah kongkow ma temen
pasti acaranya makaaaaaaaaannn
hehehehe

akhatam said...

hmm kalo gtuu drumah ajaa.. biarr ga laperr.. hehhee

Fanda said...

@sobatsehat: makasih ya dah mampir. Udah bisa kok komen.

@attayaya (kok lampu colok???): nah, itu dia yg bikin diet gagal terus. Harus cerdik walau tetap kongkow dan makan.

@akhatam: ah, siapa bilang di rumah gak ada godaan? Kalo orang rumah panggil tukang terang bulan malem2, gimana? Sanggup kamu tinggal tidur? hehe...

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, gakmudah ya menghindari makan banyak dan enak. hikss

Kedai Obat said...

Wah, info yg bermanfaat mbak..
Mbak, krn sdh ada "space" OBL blognya, Link Blog mbak Fanda sdh saya pasang di Blogroll sidebar..

Mohon pasang balik ya mbak.. di gadget LINK LIST, bukan BLOG FOLLOW INFO , seperti di "Female and Health Blog" disamping ini.. xixixi, ditunggu dan silakan cek :)

semoga silaturahmi kita tetap terjaga ya mbak :)

Fanda said...

@Fanny: emang Fan, mengendalikan diri itu paling sulit. Apalagi kalo ada begitu banyak pilihan menggiurkan di sekitar kita. Tapi kalo ada niat yg kuat, pasti bisa kok!

@Kedai Obat: Makasih mas udah pasang linkku. Link mas udah aku pasang di blogroll, gak masalah kan? Biar jadi 1 semuanya.