Fanda and Fitness

Fanda and Fitness
Seorang wanita yang semangat melakukan fitness demi kesehatan dan pembentukan tubuh!
There was an error in this gadget

Followers

Get My Fitness Latest News

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Popular Posts

There was an error in this gadget

My Blog Listing

Blog Directory
Wednesday, August 25, 2010

Mau Sukses Diet Sehat?


Mau menurunkan berat badan tapi gagal melulu?

Mau mengurangi makan tapi gak sanggup hadapi godaannya?

Yuk terusin baca buat dapatkan rahasianya sukses berdiet dengan sehat…

Banyak yang menganggap diet itu = mengurangi makan a.k.a. menahan lapar.

SALAH besar! Kamu gak bisa memaksa tubuhmu seenaknya aja. Tubuhmu itu dibuat oleh Sang Pencipta dengan mekanisme sendiri. Ibaratnya mobil, kamu gak bisa paksa mobil untuk jalan terus ketika bensinnya abis (kecuali kalo mobilmu mobil jaman Flinstone yang mesinnya pake kaki ya, hehehe…). Tubuh manusia membutuhkan energi, dan energi didapat dari makanan. Saat tubuh telah menghabiskan cadangan energi dari apa yang kamu makan terakhir kali, ia akan memberi tanda pada otakmu, yaitu dengan yang namanya rasa lapar.

Pencernaan manusia juga punya kapasitas sendiri dalam mengolah makanan menjadi energi. Itu sebabnya kita gak boleh makan hingga kenyang, apalagi kekenyangan. Makan yang sehat adalah hingga 75-80% kenyang. Wah, gimana ngitungnya yah? Berdasarkan pengalaman aja. Kalo kamu makan 8 sendok, kamu akan kekenyangan, misalnya. Berarti coba dikurangi jadi 6 sendok. Kalo setelah 6 sendok kamu udah gak merasa lapar lagi, cobalah berhenti.

Selain itu, diet yang baik dan sehat adalah:

Makan dalam porsi kecil tapi sering

Diet model makan 6 kali sehari dalam porsi kecil ini akan justru membuat penurunan berat badan semakin cepat. Ada dua alasan:

1. Pembakaran kalori

Kalau kita sering makan, berarti pencernaan kita akan sering bekerja. Proses pencernaan membutuhkan kalori. Artinya, tiap kali makan, kita juga akan membakar kalori. Belum lagi kalori yang dibakar saat aktivitas lainnya. Jadi makin banyak frekuensi makan = makin banyak kalori yang dibakar. Hasilnya: gak ada atau sedikit sekali kalori yang disimpan sebagai lemak di tubuh (tubuh bebas lemak).

2. Gak sempat lapar

Kalau kita makan tiap katakanlah 2-3 jam sekali, kita gak akan sempat kelaparan. Lha baru aja merasa dikit lapar, eh..memang udah waktunya makan. Coba kalo kamu makan hanya 2x sehari, saat kelaparan setengah mati menunggu saat makan berikut, bisa-bisa malah kamu akan makan dalam porsi besar. Pencernaanmu gak sanggup mencerna semuanya, dan akhirnya sisa kalori itu akan disimpan sebagai lemak di tubuh. Akibatnya: “Aku sudah makan 2x sehari aja, tapi kok malah makin gemuk ya?” Tuh…kamu dah tahu kan sekarang sebabnya…

Aku share sedikit tentang apa aja yang aku makan dalam sehari ya,

05:15 Minum setengah gelas air diberi sesendok makan madu (buat menyegarkan badan)
06:30 Makan nasi 3 sendok + seporsi kecil lauk
08:30 Makan yogurt (sebagai pengganti susu karena aku intolerance terhadap susu)
10:00 Makan selembar roti tawar yang diisi selai buah atau gula aren
12:00 Makan sepiring nasi + lauk + sayur
14:00 Makan sebutir apel
15:00 Makan sepotong biscuit coklat (kalau udah laper, terutama kalo repot banget di kantor)
16:30 Makan selembar roti tawar lagi
18:00 Makan sepotong biscuit/kue
19:00 Makan nasi (porsi kecil) + lauk + sayur
21:00 Makan sepotong biscuit

Itu hanya contoh aja, karena kadang ada selingan makanan lain, sehingga mungkin ada menu yang dihilangkan. Dengan begitu, praktis aku gak akan merasa kelaparan banget (kan makannya sering).

Pokoknya, JANGAN makan kalau tidak merasa lapar! Kalau barusan makan tapi tiba-tiba terasa lapar, cobalah minum air putih. Kadang-kadang otak keliru menterjemahkan rasa haus itu ke dalam rasa lapar. Kalau habis minum air putih masih aja lapar, makan sepotong biscuit atau makanan lain yang rendah lemak. Manis tak apa tapi jangan yang kaya lemak kayak kue tart misalnya.

Teruskan kebiasaan ini meski beratmu udah berhasil turun, dan tambah dengan fitness, maka tubuhmu akan makin bugar dan sehat. Ribet banget ya? Emang iya, tapi kalo udah kebiasaan, semuanya OK aja kok! Yuk..mulai dengan diet yang sehat sejak hari ini!!


Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

10 comments:

Sang Cerpenis bercerita said...

nah ini yg susah, fan. aku malas kalo bentar2 makan. makanya kalo makan langsung banyak .hehhee..

Fanda said...

@Fanny: yeeee...kamu itu hobby menyengsarakan organ tubuhmu sendiri ya..

neng rara said...

assalamualaikum..
tips nya keren-keren, kadang jika tidak ada niat yang kuat untuk merubahnya, ya akhirnya tetep ga berubah mbak
salam

Wanita Indonesia-IFS said...

masih bingung nih, makan porsi kecil tapi banyak? jelasin dooong

Fanda said...

@neng rara: Yup, niat dan disiplin memang yg utama

@wanita indonesia IFS: frekuensi makan diperbanyak. Jadi kalo biasanya 2-3 kali, sekarang misalnya 6 kali. Tapi tiap makan porsinya kecil aja.

Misal biasanya sekali makan sepiring nasi, sekarang kurangi separo, lalu 3x lainnya ganti dgn ngemil buah atau biskuit atau kacang tp dikit aja asal perut gak kosong. Kalo mau roti, kayak aku, makan selembar aja dengan selai, jangan pake keju

the others.... said...

Wah.., aku kuat gak ya diet dg cara spt itu... hehehe...
Pengen diet sih tapi susah tuk ngurangi porsi makan. :(

j4j said...

selain buat diet, jg buat ngilangin maag...!!!

sory mbak, jarang mampir, blogku jg jarang update, lg bnyak tgas2 ni...!!! tapi walaupun jarang update, aku berusaha tetep mampir ke blog temen2, update trus mbak,..!!!

Fanda said...

@mbak Reni: nah, harus pilih salah satu mbak. Mau tetap makan atau diet. Sebenarnya makan itu lebih ke kebiasaan juga kok.

@j4j: betuul! Aku juga punya sakit maag soalnya, makanya nyaman dgn diet model gini. Lg sibuk ya? Gpp yg penting tetap eksis. Aku akan update terus kok, sering2 mampir ya!

TriZ said...

aku pengen sekali diet seperti yang mba fanda sebutkan, tapi gak kuat nahan godaan, ngemilnya oke.. makannya banyak... gemuk si gak terlalu... tapi larinya ke jerawat kayaknya sih... hehe

manis.asam.asin said...

boleh nie coba...
doakan semuga sukses iiaa