Fanda and Fitness

Fanda and Fitness
Seorang wanita yang semangat melakukan fitness demi kesehatan dan pembentukan tubuh!
There was an error in this gadget

Followers

Get My Fitness Latest News

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Popular Posts

There was an error in this gadget

My Blog Listing

Blog Directory
Friday, August 20, 2010

Bisakah Kurus Dengan Diet?


Apakah kalimat-kalimat semacam ini pernah dilontarkan oleh teman-temanmu? Atau bahkan kau pun pernah mengeluhkan hal yang sama?

“Heran, aku udah ngurangin makan nasi. Malah malem aku gak makan apa-apa. Kok masih gak bisa kurus ya?”

“Ah percuma! Aku udah diet tapi malah beratku naik. Sekarang…balik lagi deh makan kayak biasa..”

Lalu kita jadi bertanya-tanya, apakah semua artikel yang pernah kita baca di majalah wanita dan iklan-iklan obat diet yang bertebaran di mana-mana itu hanya hoax semata? Logikanya kan makan itu bikin gemuk (buktinya kalo anak kecil dikasih makanan yang bergizi, badannya jadi montok, sebailknya anak yang kurang gizi jadi kurus). Jadi, kalo makan dikurangi kan logikanya berat badan harusnya turun?

Seringkali kita merasa udah pake logika, apa daya ternyata logika yang dipake salah.

Diet memang dapat memangkas kalori dan lemak yang masuk ke tubuh kita. Kalau kamu giat melakukan diet rendah lemak rendah kalori selama katakanlah sebulan, memang berat badanmu akan turun. Tapi kan tak selamanya orang bisa menahan nafsu makan. Gimana kalo ada pesta dan kamu tak tahan untuk menyantap makanan yang full kalori? Berat badanmu pasti akan naik lagi. Kalaupun kamu tetap berdisiplin, akhirnya saat kamu merasa kelaparan dan tidak fit, kamu akan cenderung makan lebih banyak dari seharusnya. Maka beratmu pun akan nambah lagi.

Nah, kalau mau penurunan berat badan itu konstan hingga waktu lama, kombinasikan dietmu dengan melakukan fitness, terutama latihan beban yang membangun otot. Karena pembentukan otot itu membutuhkan kalori, dan proses pembakaran ini tetap berlangsung meski kamu sedang tidur. Karena itulah berat badanmu dijamin akan seimbang asal kamu tetap mempertahankan diet yang sehat dan fitness yang seimbang.

Jadi, dalam jangka panjang, kalau kamu disuruh memilih: mengurangi makan secara konsisten atau menambah porsi fitness secara konsisten, fitness lah yang akan memberikan hasil penurunan berat badan yang terbaik. Kesimpulannya: diet bisa menurunkan berat badan, tapi hanya fitness yang bisa menjaga berat badanmu itu stabil. Gimana? sudah siap untuk melakukan fitness??

Mungkin anda akan balik bertanya: “Tapi aku sudah mencoba fitness selama sekian bulan, kok beratku tetap aja ya?”. Nah…tunggu jawabannya di posting lain di blog ini ya!


Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

5 comments:

catatan kecilku said...

Aku pengen kurus... tapi susah diet.. dan malas fitnes... *dijitak*

Fanda said...

@mbak Reni: Mbak..bukan aku loh tadi yg njitak!! hehehe... no comment deh kalo "susah" dan "malas"

Wanita Indonesia-IFS said...

Very Nice tips, thank you

j4j said...

selain menjaga berat badan fitnes jg bisa membentuk tubuh menjadi ideal (bisa dibilang sexy lah...)

bener gak mbak? klo salah tlng diperbaiki ya...!!! :D

Fanda said...

@Wanita Indonesia-IFS: thank you juga udah mampir..

@j4j: betul sekali, klo berat badan masih bisa diturunin pake diet, tp kalo utk membentuknya hanya bisa dgn fitness terutama latihan beban