Fanda and Fitness

Fanda and Fitness
Seorang wanita yang semangat melakukan fitness demi kesehatan dan pembentukan tubuh!
There was an error in this gadget

Followers

Get My Fitness Latest News

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Popular Posts

There was an error in this gadget

My Blog Listing

Blog Directory
Monday, August 23, 2010

Squat Untuk Paha Dan Pantat Kencang


Memenuhi beberapa pertanyaan dari teman-teman, aku mau beberkan (ciee..kayak punya rahasia besar aja) beberapa latihan untuk
paha dan pantat yang bisa kita lakukan sendiri di rumah dan menggunakan alat sederhana, bukan mesin yang rumit. Kali ini aku akan membahas sebuah latihan yang bernama Squat.

Squat adalah latihan paling simple dan bisa dilakukan siapa aja. Untuk pemula bisa dilakukan tanpa alat bantu, jadi menggunakan tubuh kita sendiri sebagai beban. Setelah terbiasa, kamu bisa menambahkan sebuah dumbbell sebagai beban pendukung. Squat juga dapat memperkuat tulang belakangmu. Pokoknya, latihan yang simple ini banyak manfaatnya deh. Yuk kita lihat bersama latihannya..

Squat Tanpa Beban

Gambar diambil dari sini

1. Berdiri dengan kaki membuka selebar bahu.

2. Tubuh tegak, kedua lengan lurus ke depan.

3. Perlahan tekuk lututmu dan turunkan tubuhmu seolah-olah mau duduk di kursi, sambil majukan sedikit bagian atas tubuh sehingga kira-kira sejajar dengan ujung jari kaki agar seimbang (jangan sampai lututmu melampaui ujung kaki karena ntar kamu bisa jatuh ke depan!).

4. Berhenti pada posisi lekukan lutut membentuk kira-kira 90 derajat.

5. Pandangan tetap ke depan, posisi kepala jangan menunduk.

6. Saat squat jangan lupa menegangkan (kontraksikan) otot paha dan pantat untuk menahan posisi.

7. Hitung hingga 4 detik, lalu pelan-pelan kembali ke posisi berdiri.

8. Ulangi hingga 10-15 kali.

Apabila kamu sudah terbiasa dengan latihan ini, dan pada saat melakukannya gak terasa berat lagi, maka kamu harus meningkatkan latihan. Ingat ya, jangan berhenti di zona nyaman coz dengan begitu, hasilnya gak akan efektif.

Salah satu cara meningkatkan latihan adalah dengan menambah dumbbell. Beli 2 buah dumbbell yang beratnya masing-masing 1-2 kg. Atau kalo mau cara lebih murah, ganti dumbbell dengan sepasang pemberat kaki/tangan (belinya di toko alat sport) lalu pasang (dengan cara dililitkan) di pergelangan tanganmu. Dengan cara murah, suatu saat kamu butuh beban lebih berat, kamu bisa beli lagi. Lalu lakukan latihan ini…


Squat Dengan Dumbbell


1. Berdiri dengan kaki membuka selebar bahu.

2. Tubuh tegak, kedua lengan lurus ke bawah sambil membawa dumbbell. Atau kalau kamu pake pemberat tangan, posisikan tanganmu lurus ke bawah sambil telapak tangan mengepal.

3. Lakukan gerakan squat (yang pasti sekarang kamu udah terbiasa kan?).

4. Berhenti pada posisi lekukan lutut membentuk kira-kira 90 derajat.

5. Pandangan tetap ke depan, posisi kepala jangan menunduk.

6. Saat squat jangan lupa menegangkan (kontraksikan) otot paha dan pantat untuk menahan posisi.

7. Hitung hingga 4 detik, lalu pelan-pelan kembali ke posisi berdiri.

8. Ulangi hingga 10-15 kali.

Gambar diambil dari sini.

O ya, pemberat tangan itu bisa juga dipakai untuk latihan lainnya loh. Ikuti saja terus posting blog ini ya! Dan selamat berlatih… Semoga otot paha dan pantatmu bisa makin tampak kencang ya. Kalau bisa berlatihlah squat 3 kali seminggu dengan selingan 1 hari.


Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

11 comments:

lina@women's perspectives said...

Wah, jelas banget nih instruksinya. Terima kasih banget, Fanda.

attayaya jadi anak smp said...

hidup sehat
makan sehat
ngeblog sehat
internet sehat

yihaaaaaaaaa

Fanda said...

@lina: iya aku bikin jelas agar para pemula bisa melakukan juga.

@attayaya: mikir sehat, nulis sehat, baca sehat. seeep laah!

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, bisa sexy tuh kalo serba kencang ya..

alice in wonderland said...

hmmm... nyoba ha.... berpa bulan Mbak biar bisa keliatan efeknya?^^

Fanda said...

@Fanny: yup. Tp kalo ikat pinggangnya yg dikencengin jd bokek deh, heheheh...

@alice in wonderland: Aku blm nyoba squat secara teratur sih, tp pd umumnya kalo teratur latihannya, dlm 3-4 bln mulai keliatan efeknya deh. Meski kalo mau lebih sempurna mungkin 6 bulanan ya

keboo said...

wah... makasi tiipsnya mbak... biar keboo gak diejek tepos lagi, huehuehue...

Fanda said...

@keboo: abis ini ejekannya dijamin ganti: bahenol! hehehe...

mocca_chi said...

hahaha aku jg bru tau mbak fanda punya blog kesehatan wkwkw
oh ya, website itu ga dipake ut tukaran link mbak, yg punya bukan aku saja soalnya, jdi mahap ya mbak tukaran linkny ga bsa.

rizal said...

keren blog ini, aku jadi banyak tau tentang kesehatan

Fanda said...

@mocca chi: hehe...ternyata kita sehati yaa. OK deh gpp. Saling mengunjungi aja ya!

@rizal: makasih udah mampir. Pantau terus yah posting2 disini!