Fanda and Fitness

Fanda and Fitness
Seorang wanita yang semangat melakukan fitness demi kesehatan dan pembentukan tubuh!
There was an error in this gadget

Followers

Get My Fitness Latest News

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Popular Posts

There was an error in this gadget

My Blog Listing

Blog Directory
Thursday, August 12, 2010

Nafsu Makan Setelah Fitness

Aku kenal beberapa orang yang mengeluh bahwa setelah olahraga, mereka akan kelaparan berat dan akhirnya makan banyak, dan itu mereka salahkan sebagai penyebab berat badan mereka bukannya turun tapi malah naik. Setelah berolahraga berat badan malah naik? Nah…pasti ada yang salah tuh!

Aku membaca di internet hari ini, bahwa kelaparan setelah fitness adalah mitos yang gak benar. Dan aku sendiri sudah membuktikan hal itu. Awalnya aku gak menyadarinya. Tapi setelah pulang fitness, aku merasa tubuhku segar, dan karena sudah lewat waktu makan malam, maka aku bersemangat untuk cepat-cepat makan. Tapi…setelah makan beberapa suap…kok rasanya sudah kenyang ya? Padahal porsi makanan seperti biasanya.

Setelah hal ini berulang, aku baru sadar bahwa tiap kali aku pulang fitness, aku tidak mampu makan dengan porsi seperti biasanya, alias porsinya menjadi lebih sedikit. Jadi, apa yang dikatakan di internet itu memang benar. Latihan yang kita lakukan justru mengurangi tingkat ‘kelaparan’ kita, bukannya menambah.

Tapi…gimana dengan para wanita yang mengeluh bahwa mereka jadi lebih gemuk setelah fitness? Itu mungkin karena selera mereka yang gak bisa dikontrol. Beda loh, selera dan tingkat kelaparan. Orang merasa lapar sesungguhnya karena tubuh membutuhkan asupan energi sehingga otak memerintahkan tubuh untuk diisi makanan. Tapi ada juga orang yang seleranya besar, atau yang sering disebut lapar mata. Begitu mendengar ajakan seseorang untuk makan tahu campur yang enak banget di kedai A, maka ia langsung ‘menipu’ tubuhnya dengan mengatakan “aku lapar, kan tadi udah olahraga sampai capek, sekarang butuh energy lagi”. Padahal sesungguhnya dia hanya ingin makan saja, bukannya butuh.

Jadi, kalau kamu benar-benar ingin menjaga berat badan, selalu disiplin lah mengenai makanan. Meski ada ajakan menikmati makanan enak, bertanyalah pada tubuhmu, dan berilah jawaban dengan jujur, apakah aku benar-benar lapar? Kalo kamu tidak jujur, yaa…jangan salahkan makanan atau olahraga yang bikin kamu makin gemuk, salahkan dirimu karena tak sanggup menahan godaan buat makan. OK?

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

7 comments:

Sang Cerpenis bercerita said...

iya, banyak yg bilang gitu. sama aja kalo kita abis bersih2 rumah jadi lapar melulu, tapi semua tergantung kebiasaan makan kita. kalo dituruti ya bakal makan terus deh.

Sang Cerpenis bercerita said...

aduh, kok jadi 2 kali muncul komentarnya.

neng rara said...

assalamualaikum..
mmhmm..bener tuh. kalau habis mengeluarkan energi kita suka lapar banget, susah ngeremnya
salam

catatan kecilku said...

Wah, kalau gitu aku harus ikutan fitness nih.. hehehe

the others... said...

Aku telah datang lagi mbak...

alice in wonderland said...

hmmm berarti harus ngebedain antara lapar mata dan lapar beneran ya... ini yang susah sih^^

Fanda said...

@Sang Cerpenis: setuju fan, tapi memang seharusnya kita tetap makan setelah mengeluarkan energi, hanya jangan sampai terlalu banyak.

@neng Rara: Hehehe...disiplin itu emang berat yah!

@catatan kecilku: Supaya makan gak banyak ya, mbak? Yuk fitness bareng2 *andai rumah kita sekota*

@alice in wonderland: Haha..yup, itu memang yg paling susah. Tapi bisa kok dilakukan kalo ada kemauan keras untuk menjaga berat & bentuk tubuh