Fanda and Fitness

Fanda and Fitness
Seorang wanita yang semangat melakukan fitness demi kesehatan dan pembentukan tubuh!
There was an error in this gadget

Followers

Get My Fitness Latest News

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Popular Posts

There was an error in this gadget

My Blog Listing

Blog Directory
Tuesday, August 24, 2010

Kencangkan Payudara Dengan Fitness


Sebelum meneruskan membaca artikel ini, harap dipahami satu hal. Bahwa payudara itu BUKAN terdiri dari massa otot. Jadi, gak ada yang namanya membesarkan payudara secara alami. Payudara itu terbentuk dari jaringan lemak yang ditunjang dan dikelilingi oleh otot dada (pectoral muscle). Bila otot sering dilatih dengan benar, maka payudara akan terlihat kencang, padat dan tidak menggantung. Pada akhirnya memang akan memberi kesan payudara terlihat lebih besar, padahal ukurannya tak berubah. Hanya ‘dudukannya’ saja yang diperbaiki.


Itulah sebabnya semakin bertambah usia seorang wanita, payudaranya akan menurun. Itu bukan hanya karena factor gravitasi bumi, tapi karena semakin tua, jumlah massa otot di tubuh manusia berkurang. Sehingga payudara perlahan-lahan kehilangan penyangga. Jadi, kalo mau payudara tetap tampak padat dan kencang serta ‘terangkat’, lakukan latihan dada (chest exercise) saat kamu fitness.

Namun, kalau pun kamu gak suka ngegym, kamu bisa melakukan beberapa latihan sendiri di rumah.

Palm Pressing

Ini latihan yang paling gampang dan gak butuh alat. Boleh juga pake bola karet kecil yang kenyal kalo mau. Latihan Palm Pressing ini untuk mengencangkan otot pectoral atau dada di tepi luar kedua payudara.

1. Berdiri tegak, pertemukan kedua telapak tangan di depan dada
2. Angkat sikumu ke samping
3. Kepalkan telapak tangan kanan lalu buat gerakan menekan telapak tangan kiri
4. Sebaliknya tangan kiri mendorong ke arah tangan kanan sehingga kedua tangan saling menekan
5. Rasakan otot di sekitar payudaramu menegang
6. Tahan beberapa detik sebelum mengendorkan tekanan
7. Ulangi 10-15 kali, lalu ganti posisi tangan kiri mengepal.

Latihan ini bisa diubah dengan saling menekan antara tangan kiri dan kanan atau saling mengepal. Pilih aja yang paling nyaman bagimu.

Kalau kamu mau, ambil bola karet kecil yang kenyal.
Letakkan di antara kedua telapak tangan.
Tekan-tekan bola dengan kedua telapak tanganmu dalam posisi seperti latihan di atas
Ulangi 10-15 kali. Break sejenak, lalu ulangi lagi 1 set.

Lakukan latihan ini tiap hari.

Latihan yang kedua ini membutuhkan sebuah dumbbell, dan fungsinya membentuk otot di sepanjang dada, termasuk di mana payudara berada, bagian iga, hingga perut. Meski yang terakhir tak terlalu terasa. Latihannya harus dilakukan dengan berbaring di semacam bangku panjang namun yang tak terlalu tinggi supaya kakimu bisa menginjak tanah.


Dumbbell Pullover

Meski namanya kayak jenis pakaian, tapi gak ada hubungannya sama pakaian hangat itu loh!
(gambar diambil dari sini)

1. Berbaringlah di atas bangku dengan kedua telapak kaki di lantai, dan kepala tepat di pinggiran bangku.

2. Bawa dumbbell dengan kedua tangan pada bagian dalam besi yang bundar melebar. Kedua telapak tangan menghadap ke atas, kedua ibu jari dikaitkan. (lihat gambar dibawah, diambil dari sini).

3. Angkat kedua lengan yang membawa dumbbell ke atas dada, lurus tapi siku tak terkunci.

4. Perlahan turunkan dumbbell melalui kepalamu, tapi jangan sampai sikumu menekuk agar tidak membebani pundak.

5. Rasakan dadamu hingga tulang iga terangkat dan meregang.

6. Pastikan kedua kakimu tetap di lantai untuk menahan tubuh bagian bawah agar tidak ikut gerak.

7. Kembali ke posisi semula setelah menahan kira-kira 3 detik.
8. Tarik napas saat menurunkan dumbbell dan hembuskan napas saat kembali ke posisi semula.
9. Lakukan dalam 3 set masing-masing10-15 repetisi.

Selamat berlatih deh! O ya, untuk mengoptimalkan hasil latihan, selalulah ingat untuk berdiri atau duduk dengan tegak seraya membuka kedua pundak ke belakang. Posisi tegak sangat membantu agar payudara tampak terangkat.


Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

10 comments:

aLamathuR d'hileudjapanist II said...

waduhh.. mau koment tapi napa jadi speechless gini yah..??

apa karena topiknya gitu? wkwkwk...

Fanda said...

@alamathur: hahaha...sebenarnya latihan chest bukan hanya utk cewek dan payudaranya loh. Cowok jg bisa latihan dada supaya tubuhnya jadi keliatan gagah!

Asty said...

Hwwwaaaa...penting ini!! Langsung praktek ;D

DeeA Spa said...

wah praktek praktek, ho3. Itu dumbellnya boleh diganti botol minum g ya? G ada dumbell di rumah :-p. Kalo boleh yang brp liter? 1,5? ada minimal beratnya g sih?

Fanda said...

@Asty: ayo..ayo.. aku ikut menyemangati dari jauh!

@Deea Spa: mm..botol air 1,5 ltr tuh brp kg ya? Berat dumbbell tergantung berat badanmu juga. Kalo aku sih pake beban 2,25 kg awalnya. Benda apa ya yg mirip dumbbell tp beratnya segitu??

Sang Cerpenis bercerita said...

hmm..jadi ngeliat payudara sendiri..wah, mesti rajin angkat angkat nih.lho?

btw, gambar payudaranya mantap amat.. buseet deeh..sirik mode on. hahaha..

Fanda said...

@Fanny: Lha kan gambar itu supaya bikin kita semua makin termotivasi buat angkat-angkat..eh..latihan maksudnya!

jasmine said...

kunjungan balik mbak,wah aku emang sering exercisa yg model gitu,tujuan awaln nya cuma buat mengencangkan lengan,eh ga taunya bisa buat menaikkan payudara juga tho?pantes aja....... (heheheheh)

jasmine said...

kunjungan balik mbak,wah aku emang sering exercisa yg model gitu,tujuan awaln nya cuma buat mengencangkan lengan,eh ga taunya bisa buat menaikkan payudara juga tho?pantes aja....... (heheheheh)

Fanda said...

@jasmine: ternyata kamu suka exercise juga to?