Fanda and Fitness

Fanda and Fitness
Seorang wanita yang semangat melakukan fitness demi kesehatan dan pembentukan tubuh!
There was an error in this gadget

Followers

Get My Fitness Latest News

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Popular Posts

There was an error in this gadget

My Blog Listing

Blog Directory
Thursday, August 19, 2010

Latihan Kencangkan Paha Plus Pantat


Di postingku beberapa hari lalu, ada komentar (atau lebih tepatnya pertanyaan) dari seorang teman:

Fitness yg bikin kaki jadi kecil ada g???

Nah, sekarang aku akan jawab pertanyaan itu, sekaligus bayar hutang posting yang lalu karena waktu itu aku lupa nama latihan-latihan yang selama ini aku jalankan untuk pembentukan otot kaki (keterlaluan ya, sering melakukan tapi gak tahu namanya…).

Pertama-tama, aku menggaris bawahi kata-kata “kaki jadi kecil” di pertanyaan teman di atas. Secara harafiah, kaki gak bisa dikecilkan yah! Yang bisa dilakukan adalah membuang lemak yang biasa berkuasa di sekitar paha, sekaligus mengencangkan otot disitu. Bisa juga kita mengencangkan otot betis. Jadi, kalo dari sononya memang (maaf) kakimu tergolong besar, terimalah saja. Yang penting adalah bentuknya, bukan ukurannya. Punya kaki kurus kering kayak tiang dan tanpa otot malah jelek loh. Nah, itu harus dipahami dulu, baru kita akan membentuk otot kaki dengan latihan-latihan ini…

Leg Press

Gambar diambil dari sini

Adalah latihan untuk (terutama) mengencangkan otot pantat (gluteus maximus) dan otot paha belakang (harmstring). Caranya dengan duduk di mesin Leg press, lalu di depan dadamu akan ada lempeng besi. Kamu harus menaikkan kedua kakimu dan meletakkan telapak kakimu di lempeng itu. Jangan lupa meng-adjust jarak tempat duduk agar posisi pahamu dekat sekali dengan dada. Lalu setelah beban terpasang, doronglah lempeng itu menjauh dengan kedua kakimu. Saat gerakan mendorong itu, usahakan bertumpu pada otot pantat dan paha belakang bagian atas. Kembalilah ke posisi asal, dan lakukan dengan 15 repetisi, dalam 3 set. Hembuskan napas saat kaki mendorong, dan tarik napas saat kembali ke posisi asal.

Leg Curls

gambar diambil dari sini

Latihan ini untuk mengencangkan otot harmstring (paha belakang). Posisimu berbaring telungkup di mesin dan selipkan kedua pergelangan kaki ke bawah bantalan. Setelah beban terpasang, angkat kedua kaki tumit menuju ke pantat, lalu kembali ke posisi semula. Usahakan menumpukan beban ke otot paha belakang. Jangan lupa untuk menghembuskan napas saat gerakan mengangkat dan tarik napas saat kembali ke posisi semula. Lakukan 15 repetisi dalam 3 set.




Abductors


Gambar diambil dari sini

Adalah latihan untuk otot paha luar yang segaris lurus dengan pinggul. Latihan ini dilakukan sambil duduk di mesin Abductor, dan ada dua besi yang mengapit kedua kaki kita. Jangan khawatir, ada bantalannya kok jadi kaki kamu gak langsung beradu dengan besi (hehehe..). Latihannya hanya ‘membuka’ kedua kaki kita ke arah luar lalu kembali ke posisi asal. Kayaknya gampang, tapi kalau kita pasang beban (yang bisa diatur), gerakan itu akan jadi berat. Dan setelah hitungan kesekian, kau akan merasakan ototmu menegang di bagian paha luar. Lakukan sebanyak 15 repetisi, dan ulangi dalam 3 set. Hembuskan napas saat gerakan membuka, dan tarik napas saat kembali ke posisi asal.



Adductors


Gambar diambil dari sini

Kebalikan Abductors, latihan ini untuk otot paha dalam. Masih sambil duduk di mesin Adductor, namun justru kedua paha kita yang berada di bagian luar kedua besi yang terpentang lebar. Atur beban yang sesuai, lalu gerakkan kedua kakimu ke dalam (menutup), lalu kembali ke posisi awal. Rasakan bahwa otot paha dalammu menegang tiap kali kau lakukan gerakan menutup itu. Lakukan 15 repetisi dalam 3 set. Hembuskan napas saat gerakan menutup, dan tarik napas saat kembali ke posisi asal.

Ditanggung setelah melakukan keempat latihan ini dengan beban yang lumayan berat, kau akan merasa kakimu kayak agar-agar. Hehehe…itu lumrah, dan artinya otot-otot paha dan pantatmu sedang bekerja. Di posting berikut akan aku jelaskan tentang latihan otot betis ya…


Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

12 comments:

Life Tips said...

Hmmmm...
Tutorial latihan yang sangat bermanfaat mbak..

Script Murah said...

Wah bisa dicoba tips menariknya.
Biar pantat jadi keren.

narti said...

salam kenal juga mba...
artikel yang bagus nih, tapi pakai alat bantu semua ya?

Fanda said...

@Life Tips: makasih udah mampir..

@Script Murah: memang pantat yg keren tuh yg kayak gimana yah? hehe..

@narti: kebetulan latihan yg aku jalani memang pake alat di gym. Tapi ada cara2 lain yg ga perlu alat. Kapan2 deh aku posting

j4j said...

Ia ni mbak, pengennya lat dngan alat bantu yg sederhana...!!!

Makasi dah mampir ke tmpatku,,, linknya udah terpasang...!!!

Fanda said...

@j4j: Ok deh, ntar aku posting latihan2 yg pake alat bantu sederhana deh.
Thanks juga udah pasang linkku dan mampir kesini...

catatan kecilku said...

mau dong membuat paha dan pantat kencang... hehehe

DeeA Spa said...

wah ini dia nih latihan buat mengecilkan paha, susah ngurangin lemak di daerah satu itu, hiks. Oya, aku follow y, kalau berkenan silahkan follow balik, he3. Thank u.

the others said...

Mbak, aku tunggu di rumahku lho.
Ini undangan istimewa...

Fanda said...

@mbak Reni: wah..apa ini undangan istimewa buat kopdar sekalian latihan ya??

@DeeaSpa: betul sekalii..tapi kalaupun gak bisa kecil, bisa ngilangin lemak di area itu aja sudah bahagia banget. Thanks udah follow, aku udah follow juga loh

manis.asam.asin said...

iiia betul,, karena orang biasa kaya saia g py alat canggih kaya gitu.. Jadi kamu masih punya hutang,, yang menggunakan alat sederhana aja iia..

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, mesti kerja keras nih bua tilangin lemak2 yg bandel di daerah situ ya.