Fanda and Fitness

Fanda and Fitness
Seorang wanita yang semangat melakukan fitness demi kesehatan dan pembentukan tubuh!
There was an error in this gadget

Followers

Get My Fitness Latest News

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Popular Posts

There was an error in this gadget

My Blog Listing

Blog Directory
Friday, August 13, 2010

Fitness Tak Efektif Saat Menstruasi

Kemarin, hari Kamis, seharusnya menjadi jadwal aku fitness. Tapi kali ini terpaksa aku batalkan karena pas hari itu aku mendapat PMS (Pre Menstruation Syndrome). Sebenarnya boleh tidak sih melakukan fitness saat menstruasi? Tak ada yang bilang tidak boleh, tapi memang melakukan latihan beban atau olahraga berat lainnya menjadi tidak efektif saat seorang wanita menstruasi.

Begini faktanya… Menurut sebuah penelitian, 10-14 hari sebelum seorang wanita mendapat menstruasinya, kekuatan ototnya dalam melakukan latihan beban akan menurun hingga 50%. Dan penurunan itu berkaitan dengan perubahan hormon dalam tubuhnya.

Jadi, kalo kamu pada suatu saat sedang asyik berolah raga, apa aja, tiba-tiba merasa sudah lelah padahal biasanya kuat hingga lebih lama, maka mungkin saja kamu tengah memasuki masa PMS yang 10-14 hari itu. Lalu, apakah berarti kita gak boleh berolah raga kalo sedang PMS?

Tentu saja boleh, hanya pilihlah beban atau intensitas latihan yang lebih ringan. Kalau yang suka latihan beban sepertiku, kita bisa mengurangi beban, atau mengurangi repetisi. Kalau aku lebih memilih yang terakhir, karena kalau kita sudah mengangkat beban tertentu sekian lama, kita jadi terbiasa dengan beban itu. Kalau diturunkan, kok kayak gak mengangkat beban ya? Makanya aku memilih untuk mengurangi intensitas. Kalau biasanya 15 repetisi per set, aku turunkan jadi 8-10 repetisi.

Selain itu, minumlah lebih banyak air untuk meningkatkan metabolism hormonmu (jangan tanya mekanismenya ya, pokoknya gitu deh..).

Jangan memaksakan diri. Berlatihlah dengan santai. Kalau kamu suka mendengarkan music, cobalah berlatih sambil membawa i-pod misalnya. Dengan tetap berlatih walaupun ringan, kamu akan mendapati tubuhmu justru lebih segar dan fit menjelang saat menstruasimu tiba.

Semoga bermanfaat infonya, dan sampai jumpa di laporan fitnessku hari Minggu yang akan datang. Sssstt…ada bintang tamunya juga loh! Hahaha…maksudnya ada seseorang yang mau join aku berfitness ria di hari Minggu. Siapa dia? Tungguin aja yaaa….

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

5 comments:

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, siapakah dia tamunya? hehee

kebookyut said...

wah tentang fitnesssssss...!
keboo pgn ikut fitness, tp takut betis yg sudah gede jadi makin gede.. ada tips gak mbak?

Fanda said...

@Fanny: Tunggu tanggal mainnya! hehehe...

@kebookyut: apa hubungannya fitness ma betis, non? OK deh ntar aku posting tipsnya yah.

catatan kecilku said...

Aku belum pernah fitness... *blushing*

Fanda said...

@Mbak Reni: coba aja mbak, nanti bisa ketagihan loh. Kalo blm suka latihan beban, coba aerobiknya dulu