Fanda and Fitness

Fanda and Fitness
Seorang wanita yang semangat melakukan fitness demi kesehatan dan pembentukan tubuh!
There was an error in this gadget

Followers

Get My Fitness Latest News

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Popular Posts

There was an error in this gadget

Female & Health Blogs

My Blog Listing

Blog Directory
Friday, January 7, 2011

5 Cara Hindari Perut Kembung


Perut kembung memang bukan penyakit yang serius, tapi juga membuat kita tidak nyaman. Bagi para wanita, perut kembung juga menyebabkan perut kita kelihatan makin buncit. Pernah gak kamu memakai celana jinsmu yang mendadak kekecilan di daerah pinggang saat sore atau malam hari? Nah, ingat-ingatlah…mungkin sesiangan kamu baru saja makan agak kebanyakan sehingga menyebabkan perutmu kembung. Tapi jangan khawatir, ada beberapa tips untuk menghindari perut kembung,

Konsumsi Potasium
Potasium berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh kita, sekaligus sebagai diuretic yang akan membilas lemak dari tubuh. Pisang, asparagus, mangga, bayam, tomat dan kacang tanah adalah contoh makanan yang mengandung potassium.

Tutup Mulut
Cegah mulutmu agar tidak membiarkan terlalu banyak udara masuk ke perut. Aktivitas yang membawa banyak udara masuk antara lain mengunyah permen karet, minum lewat sedotan, banyak berbicara saat sedang mengunyah makanan, dan merokok.

Kurangi Pemanis Buatan
Pada orang-orang tertentu, pemanis buatan seperti sorbitol yang terdapat dalam makanan olahan dapat menimbulkan perut kembung karena pencernaan mereka tak mampu mencerna bahan tersebut. Kalau kamu merasa demikian, jauhilah pemanis buatan dan pilihlah gula asli.

Perbanyak kalsium dan magnesium saat PMS
Bagi wanita yang saat PMS (Pre Menstruation Sindrom) sering mengalami perut kembung, perbanyaklah mengkonsumsi kalsium (hingga 1200 mg per hari) dan magnesium (200-400 mg per hari).

Konsumsi Probiotic
Probiotic yang banyak terdapat pada yogurt dan makanan fermentasi lainnya sangat ampuh menghilangkan gejala perut kembung. Aku sudah membuktikannya sendiri, sejak rajin makan yogurt tiap hari, perut kembung yang sering kurasakan di pagi hari hilang sama sekali. Probiotik juga baik untuk menstabilkan pencernaanmu.

Jadi, jangan sampai perut kembung menghalangimu dari berkarya dan bersosialisasi lagi. Gunakan kelima cara sederhana di atas untuk mengurangi terjadinya perut kembung.


Monday, December 13, 2010

Melatih Triceps Tanpa Alat


Malas menyimpan dumbbell atau alat fitness lainnya, tapi ingin merampingkan otot triceps-mu? Ada kok sebuah latihan yang ampuh juga membentuk otot triceps, dan melatihnya gampang banget, hanya butuh sebuah bangku atau kursi. Lanjut yuk…

Triceps Dips

Ambil kursi bersandaran (jangan sofa yang empuk ya!) atau bangku dengan tinggi standar, lalu duduk dengan posisi tangan lurus di ujung kursi, pinggul persis berdempetan dengan lengan bawah (posisi duduk di ujung kursi).

Dengan bertumpu pada kedua tangan di ujung kursi, angkat pantatmu dari kursi dan turunkan tubuhmu perlahan hingga lenganmu membentuk sudut 90%.

Lalu kembali naik perlahan hingga lenganmu lurus, dan ulangi gerakan itu hingga 10-15 kali repetisi dalam 3 set.

Meski latihan ini tergolong gampang dilakukan, tetap ada beberapa hal yang perlu diingat,

1. Untuk menghindari cedera bahu, jauhkan bahumu dari telinga ketika membuat gerakan turun.
2. Untuk membuat latihan lebih berat, jauhkan posisi kakimu dari kursi/bangku.
3. Jaga posisi pinggul agar sedekat mungkin dengan bangku/kursi sehingga yang menyangga tubuhmu adalah lengan atas (triceps) dan bukannya bahumu.

Gampang-gampang sulit ya? Tapi kalau kamu terus berlatih, kamu akan mendapatkan manfaatnya… otot lenganmu akan terlihat makin ramping dan padat.

Coba kombinasikan latihan ini dengan triceps dumbbell kickback untuk mendapatkan hasil yang optimal.


Friday, December 3, 2010

Makan Apa Sesudah Exercise?


Maaf teman-teman, beberapa minggu terakhir aku jadi jarang mengupdate blog ini. Bukan karena aku telah berhenti fitness, melainkan karena ada kesibukan yang menyita waktu banget. Soal fitness? Jalan terus dong! Dan sekarang aku mau berbagi sedikit informasi yang berawal dari pengamatanku saat ngegym. Biasa kan, sambil ngegym memperhatikan suasana sekitar?

Nah, beberapa hari lalu saat asyik latihan beban, tiba-tiba tercium bau harum. Bukan harum parfum, tapi harum pisang goreng hangat yang baru keluar dari penggorengan. *tarik napaas…ahhh* Bayangkan, saat itu sore menjelang malam, aku sudah berlatih sekitar 1 jam..tenaga sudah terkuras dan perut mulai keroncongan. Eh…dapat bau harum pula. Langsung kuedarkan pandangan, dan ternyata memang ada 2 mbak-mbak staff gym yang masuk ke ruang gym, salah satunya membawa nampan berisi beberapa pisang goreng bertabur keju dan kue lainnya yang ditata di sebuah piring. Dan mereka menuju ke ruang yoga, terus longak-longok di depan kaca yang membatasi ruang yoga dan ruang gym sambil salah satu mbak itu menunjuk-nunjuk ke dalam. Mungkin ada ibu yang pesan camilan tapi lalu ditinggal latihan?

Lalu aku jadi berpikir, apa bagus yah makan camilan goreng-gorengan begitu sesaat sesudah exercise? Dan sesudah browsing dan membaca di sana-sini, inilah yang kudapat,

Karbohidrat
Setelah exercise, kita kehilangan energy dan… glikogen atau bahan bakarnya otot. Ingat kan, bahwa otot adalah salah satu alat pembakar lemak yang paling ampuh di tubuhmu? Nah, untuk mengganti glikogen yang hilang saat latihan, kita membutuhkan karbohidrat.

Protein
Setelah latihan beban, otot kita bisa diumpamakan rusak. Untuk memperbaiki kerusakan ini kita butuh protein.

Lalu berapa banyak yang kita butuhkan?

Perbandingannya adalah 4:1, 4 untuk karbohidrat dan 1 untuk protein. Mengkonsumsi protein terlalu banyak akan memperlambat rehidrasi dan perbaikan glikogen.

Jadi, untuk kamu yang sengaja gak mau makan nasi setelah exercise, sekarang kamu tahu bahwa makan setelah exercise itu penting banget. Bukan hanya makan ala kadarnya saja, tapi konsumsilah karbohidrat dan protein yang sehat. Aku ingat temanku yang pernah terheran-heran mendengar bahwa aku makan nasi sepulang fitness. Dia : “Trus buat apa kamu susah-susah latihan kalo abis itu diisi makanan lagi?“. Itu pandangan yang sangat keliru.

Lalu kapan harus makan? Usahakan dalam waktu 2 jam setelah selesai exercise kamu sudah mengisi perut.

Lalu gimana dengan cemilan pisang goreng yang menggoda tadi? Sebenarnya tidak berbahaya sih makan camilan gorengan itu, tapi kalau kamu care terhadap kesehatan dan/atau pembentukan tubuh, lebih baik langsung aja pulang ke rumah sehabis fitness, dan makan nasi beserta lauk yang pasti mengandung karbohidrat + protein dan menyehatkan. Setuju?