Fanda and Fitness

Fanda and Fitness
Seorang wanita yang semangat melakukan fitness demi kesehatan dan pembentukan tubuh!
There was an error in this gadget

Followers

Get My Fitness Latest News

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Popular Posts

There was an error in this gadget

My Blog Listing

Blog Directory
Wednesday, September 8, 2010

Kenapa Sih Wanita Harus Latihan Beban?


Pasti ada di antara kamu yang pernah terpikir pertanyaan yang menjadi judul posting kali ini. Fitness itu kan banyak variasinya? Bisa jogging, bisa sepeda statis, bisa juga aerobics (yang paling banyak digemari wanita yang menjadi member gym atau tempat senam). Lalu, kenapa harus latihan beban sih? Bukannya latihan beban itu lebih identik dengan para cowok?

Bahwa latihan beban itu lebih banyak dilakoni pria, hingga saat ini memang benar. Ada wanita yang merasa risih harus latihan bercampur dengan pria. Tapi saat ini di Jakarta (dan moga-moga di kota besar lainnya) sudah mulai ada tempat senam yang menyediakan alat-alat fitness juga, dan member-nya khusus wanita. Mungkin tempat yang agak eksklusif ini akan cocok buat wanita yang merasa risih berlatih di tengah para cowok. Sekarang kembali ke topik semula…

Ada 7 manfaat latihan beban bagi tubuh wanita, yuk kita kupas bersama…

1. Memperkuat otot
Kamu harus menggendong anak yang makin lama makin berat? Harus membawa belanjaan sendirian? Harus mengangkat jemuran seabreg? Atau harus membawa sekardus dokumen yang diminta bos di kantor? Semuanya bisa kamu lakukan sendiri kalau kamu punya otot yang kuat. Dan urusan membangun otot, serahkan pada latihan beban. Menurut penelitian, latihan beban dengan intensitas medium akan meningkatkan kekuatan wanita secara fisik sekitar 30-50%.

2. Mencegah osteoporosis
Latihan beban dapat meningkatkan kekuatan tulang, sehingga meminimalkan resiko osteoporosis yang paling banyak diderita wanita. Tambahkan suplemen kalsium untuk mengoptimalkan pencegahan.

3. Mencegah kerapuhan tulang
Dalam struktur tubuh manusia, tulang dibungkus oleh otot. Dengan latihan beban, kamu akan menambah massa otot di sekitar tulangmu, sehingga tulangmu akan terlindung dari resiko patah tulang, cedera tulang, dan arthritis. Ketika usia menanjak tua, massa otot akan berkurang. Itulah sebabnya manula lebih beresiko untuk mengalami patah tulang. Dengan membiasakan latihan beban sejak muda, kamu akan menjaga tulangmu saat tua nanti.

4. Membakar lemak
Yang bisa mengoptimalkan pembakaran lemak di tubuhmu adalah otot. Jadi, membangun massa otot lewat latihan beban akan membuat lemak dan kalori lebih cepat hilang.

5. Merampingkan dan mengencangkan tubuh
Karena jumlah lemak yang terbakar dengan latihan beban makin banyak, maka tubuhmu akan makin ramping, dan dengan bertambahnya otot, maka bentuknya juga makin kencang.

6. Menurunkan resiko penyakit jantung dan diabetes
Latihan beban mampu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam tubuhmu, sekaligus menaikkan HDL (kolesterol baik), sehingga pada akhirnya mengurangi resiko jantung koroner dan stroke. Selain itu, latihan beban juga meningkatkan kemampuan tubuhmu dalam memproduksi gula darah, sehingga menurunkan resiko penyakit diabetes.

7. Mencegah depresi
Stress. Siapa sih yang belum pernah terjangkit kondisi ini? Tapi kalau kamu sering melakukan latihan beban, depresi akan bisa dicegah atau minimal dikurangi. Latihan beban akan membuat tubuhmu lebih segar setelah berlatih, membuat mood lebih baik, dan jangka panjangnya membuatmu lebih percaya diri, yang merupakan faktor utama melawan depresi.

Jadi…setelah mengetahui begitu banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari latihan beban, jangan ragu-ragu lagi untuk melakukannya, baik di gym ataupun di rumah. Latihan beban ternyata bukan hanya baik untuk membentuk tubuh saja, namun lebih banyak lagi manfaatnya bagi kesehatan kamu, kan? Dan ingat, latihan beban tidak melulu harus pake mesin atau dumbbell. Kamu juga bisa melakukannya dengan pemberat yang dililitkan di kaki atau tangan, atau bahkan dengan menggunakan tubuhmu sendiri sebagai beban (misalnya gerakan Squat atau Super Exercise untuk perut).


Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

5 comments:

Nyun-nyuN said...

aku bahkan ga pernah angkat beban sedikitpun, kecuali tong isi air buat ngepel haha..

mba ini blog kalo di SEO'in mantab, isinya bermanfaat banget :)

minal aidin walfaidzin ya mba, inuel minta maaf, jombloku juga :)

lina@women's perspectives said...

Saya jadi paham sekarang, terima kasih Fanda...

narti said...

manfaatnya banyak tapi kalau gak niat koq ya berat...hehe...

selamat idul fitri mba (bila menjalankan), mohon maaf lahir dan batin.

Fanda said...

@Nyun: Berarti kalo lain kali angkat tong air gantian aja kanan dan kiri, kan jadi latihan tangan tuh! Mohon maaf lahir batin juga ya...

@lina: Sama-sama...

@narti: hehehe...memang gimana juga niat itu yg paling penting. Mohon maaf lahir batin juga, dan selamat merayakan Idul Fitri ya!

rahmat yudhistira said...

olahraga emang lebih bagus untuk menjaga kesehatan.