Fanda and Fitness

Fanda and Fitness
Seorang wanita yang semangat melakukan fitness demi kesehatan dan pembentukan tubuh!
There was an error in this gadget

Followers

Get My Fitness Latest News

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Popular Posts

There was an error in this gadget

My Blog Listing

Blog Directory
Saturday, September 18, 2010

Latihan Chest Press Tanpa Mesin


Rasanya udah lama banget aku gak latihan chest. Masih ingat kan? Latihan untuk otot dada ini merupakan salah satu latihan otot besar dalam latihan beban. Kali ini aku mau share sebuah latihan yang (bagiku) merupakan latihan paling berat di antara beberapa chest exercise yang aku lakukan. Namanya Chest Press. Di gym, ada mesin chest press yang bisa kita pakai, seperti gambar disamping ini…

Posisi kita duduk, dengan posisi kedua lengan membuka ke samping dan membentuk sudut 90 derajat, lalu mendorong beban kearah depan. Cukup berat nih latihan, aku biasa berlatih tanpa beban pada mesinnya (jadi..mesinnya sendiri aja udah berat). Namun bagi kamu yang ingin latihan sendiri di rumah, ada alternatifnya juga.

Chest Press with Resistance Band

Resistance band dipakai sebagai pengganti mesin dan beban. Tapi untuk melakukannya, pertama-tama harus ada tiang atau sesuatu yang kokoh sebagai penyangga, di mana kita bisa melilitkan bagian tengah resistance band. Kamu bisa melakukannya dengan berdiri, atau ambil kursi tanpa sandaran dan duduklah membelakangi tiang/dinding penyangga.

Begini latihannya…

(gambar diambil dari sini)

1. Pastikan letak resistance band setinggi bahu, dan aturlah jarakmu dengan tiang untuk menentukan tension/beban resistance band.

2. Pegang kedua handlenya dengan tangan mengepal menghadap ke bawah. Posisi kedua lengan membuka lebar ke luar, siku membentuk sudut 90 derajat. Posisi tubuh bagian atas lurus, busungkan dada dan buka kedua bahu.

3. Perlahan dorong resistance band ke depan hingga kedua tangan lurus sambil menghembuskan napas.

4. Perlahan juga kembali ke posisi awal sambil menarik napas. Tahan resistance band agar posisi lengan jangan sampai terlalu ke belakang, karena bisa mencederai pundak. Pertahankan sudut 90 derajatnya.

5. Lakukan repetisi hingga 10-15 kali, lalu tingkatkan hingga 3 set.

Bila dilakukan dengan benar, kamu akan merasakan sedikit sakit di area dada luar-samping dan juga trisep. Itu wajar, karena berarti kamu sudah melatih otot yang benar. Selamat berlatih ya!

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

9 comments:

tfd said...

tu wa ga..tu wa ga...tu wa ga...jadi deh olahraga...

Fanda said...

@tfd: Jangan tu wa ga-tu wa ga aja, olahraga beneran doong!! hehehe...

munir ardi said...

aku ke gym kemarin jadi miris lihat foto aku disitu yang masih dipajang waktu ikutan fitnes 5 tahun lalu six feet dan kering banget otot saya, sekarang ha ha mirip celengan semar

TriZ said...

mba fanda semangat banget yah olahraganya.. gak kayak aku.. salut deh..

Fanda said...

@murni ardi: waah..ternyata mas Munir pernah punya body 'L-men' yaa? Kok dijadiin celengan semar sih sekarang? wkwkwkw...ayoo..latihan lagi mas, paling gak biar lbh bugar gitu!

@TriZ: Itu karena aku pengen sehat dan bugar. Itu yg bikin aku tetap semangat.

albertus goentoer tjahjadi said...

semangat... semangat... semangaatttt ya mbak...

Fanda said...

@mas Goentoer: wah, ada yg nyemanagatin nih, makasih mas!

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, gak mudah ternyata ya..

Fanda said...

@Fanny: Kalo yg mesin sih gampang, kalo latihan di rumah emang agak ribet ya harus pasang2 resistance band. Tapi demi bugar...semangat aja!