Fanda and Fitness

Fanda and Fitness
Seorang wanita yang semangat melakukan fitness demi kesehatan dan pembentukan tubuh!
There was an error in this gadget

Followers

Get My Fitness Latest News

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Popular Posts

There was an error in this gadget

My Blog Listing

Blog Directory
Tuesday, September 7, 2010

4 Super Exercise Untuk Perut Rata


Kali ini aku mau share latihan perut yang sip banget. Aku mendapat latihan ini dari mantan instrukturku koh Yongki. Sungguh, saat awal aku dilatih dulu, aku benar-benar teriak-teriak minta berhenti (instruktur yang hebat adalah dia yang kejam pada muridnya tapi selalu memperhatikan kemajuan si murid, catat ya!!). Dan sehari setelah latihan itu, aku gak bisa bangun dari tempat tidur. Perutku kayak habis ditonjok deh (meskipun terus terang saja aku belum pernah tahu rasanya ditonjok orang, hehehe…). Tapi hasilnya…wow…boleh juga. Dalam hitungan bulan, sudah tampak hasilnya, perutku gak terasa gembur lagi kalau dicubit!

Latihan aslinya terdiri dari 5 gerakan yang dikombinasikan menjadi satu gerakan terpadu dan berkesinambungan. Tapi, karena keterbatasan alat dan instruktur, aku akan share 4 (+1 alternatif) di antaranya yang aku yakin bisa bikin kamu sulit bangun tidur keesokan harinya. Ini dia gerakannya,

Gerakan 1
1. Berbaring di atas matras dengan kedua lutut ditekuk ke atas dan telapak kaki di lantai.
2. Dengan kedua tangan lurus ke depan, angkat tubuh bagian atasmu hingga ujung jari-jarimu menyentuh lututmu.
3. Tahan posisi itu hingga10 detik.
4. Kembali ke posisi berbaring.

Gerakan 2
1. Masih dalam posisi berbaring di atas matras dengan kedua lutut ditekuk ke atas.
2. Mirip dengan gerakan 1, sekarang lakukan gerakan mengangkat tubuh dan tangan menyentuh lutut.
3. Lalu turunkan tubuh atasmu sedikit tanpa kepalamu menyentuh matras.
4. Angkat lagi tubuhmu hingga tangan menyentuh lutut, dan ulangi terus gerakan angkat dan turunkan tubuh ini sebanyak 10 kali repetisi.
5. Kembali ke posisi berbaring.

Gerakan 3a
1. Masih tetap berbaring dengan kedua kaki diselonjorkan, dan kedua tangan menyangga di belakang kepala, tautkan jemari kedua tangan.
2. Pada saat bersamaan, angkat tubuh atasmu dan tekuk lututmu mendekat ke arah perutmu.
3. Pada saat bersamaan pula, kembali ke posisi semula.
4. Lakukan 10 kali repetisi.

Gerakan 3b: Floor Bicycle Movement

Gambar diambil dari worklowerabs[dot]org

1. Posisi awal seperti gerakan 3a.
2. Angkat sedikit kaki kiri, angkat lutut kanan mendekati perutmu.
3. Sambil melakukan itu, putar tubuh atasmu (bersama tanganmu) ke kanan hingga siku kirimu hampir menyentuh lutut kanan.
4. Lalu berbaliklah memutar ke kiri, sambil mengubah lutut kiri yang terangkat hingga sikumu kananmu hampir menyentuh lutut kiri.
5. Gerakannya jadi seolah-olah kamu mengayuh sepeda di udara. Lakukan berganti-ganti kanan-kiri, dengan repetisi 10 kali. Dan selama 10 kali repetisi itu, tubuhmu terus terangkat.

Gerakan 4: Reverse Crunch

Gambar diambil dari women-workout-routines[dot]com

1. Berbaring dengan meletakkan kedua tangan di bawah pantat.
2. Angkat kakimu lurus ke atas, silangkan kedua pergelangan kaki.
3. Dorong pantatmu ke atas menjauhi lantai, lalu turunkan, dorong lagi ke atas, dst
4. Ulangi gerakan Reverse Crunch ini hingga 10 kali.


Cara melakukan seluruh latihan di atas, adalah dari gerakan 1 ke gerakan berikutnya secara simultan, tanpa jeda di antaranya, sehingga 4 gerakan tadi menjadi satu keseluruhan latihan yang amat manjur untuk membentuk otot perut.


Gerakan 1 dan 2 ditujukan untuk otot perut atas, sedang gerakan 3a, 3b dan 4 untuk otot perut bawah. Khusus gerakan 3b juga melatih otot oblique (perut samping)

Untuk permulaan, lakukan gerakan 1, 2, 3a dan 4. Bila kamu sudah mulai terbiasa, kamu bisa mengganti gerakan 3a dengan gerakan 3b. Atau kamu bisa melakukan keduanya bergantian. Lakukan abs exercise ini 3-4 kali seminggu, atau bisa dilakukan selang-seling dengan latihan perut sederhana yang pernah diulas di blog ini. Selamat menyiksa perut yaa!!


Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

4 comments:

dsy said...

waah Fanda skrg rajin fitnes yaa.. :D
nanya dong.. aku kan abis operasi besar di perut, udah setahun yg lalu sih.. nah, namanya abis operasi perut, otot perut jd kendor n gampang menggendut hikz..
latihan perut yg aman buat perut pasca operasi gitu ky gimana y?
eehh.. maap jd curhat :p
http://livingdaisy.blogspot.com

Fanda said...

@dsy: sebenarnya rajin fitnessnya udah dari dulu, mbak. Hanya sekarang mulai dipublikasikan *berasa kayak selebriti*. Tentang pertanyaan mbak, ntar tunggu di posting selanjutnya yah!

Wanita Indonesia said...

kalau perut rata dilihatnya enak dan sexy, perlu di coba nih sis

suryawan said...

mantep ni bikin perut rata, saya juga ada blog ttg fitness, kunjungi ya di fitness-bugar.blogspot.com