Fanda and Fitness

Fanda and Fitness
Seorang wanita yang semangat melakukan fitness demi kesehatan dan pembentukan tubuh!
There was an error in this gadget

Followers

Get My Fitness Latest News

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Popular Posts

There was an error in this gadget

My Blog Listing

Blog Directory
Monday, September 27, 2010

Warming Up Dan Cooling Down Untuk Jogging


Jogging mungkin merupakan salah satu jenis latihan cardio yang paling digemari orang. Murah karena tanpa alat dan dapat dilakukan di mana saja, dan mudah karena tak membutuhkan skill apapun (cukup memiliki dua kaki saja). Tapi meskipun mudah dan tampaknya tidak berat, tetap kamu harus melakukan warming up dan cooling down sebelum dan sesudah melakukan jogging. Apalagi kalau jogging ini kamu lakukan di pagi hari setelah bangun tidur, saat udara masih dingin. Tubuhmu sudah berjam-jam dalam keadaan diam, dengan suhu tubuh rendah, lalu tiba-tiba kamu suruh berlari…dikhawatirkan terjadi kram. Begitu juga saat selesai jogging, jangan langsung duduk manis atau malah tidur lagi!!

Lakukan gerakan-gerakan warming up seperti ini…

Stretching Paha

Berdiri tegak
Angkat kaki kanan dan tekuk lutut ke bagian depan depanmu.
Tarik lutut ke arah dada dengan bantuan tangan.
Pastikan tubuh tetap tegak saat melakukan gerakan ini, dan rasakan hingga otot paha belakangmu (harmstring) menegang.
Tahan selama 8 detik.
Lakukan bergantian kaki kiri dan kanan masing-masing 1-2 kali.

Sekarang tekuk lutut dan arahkan kaki ke belakang.
Tarik pergelangan kaki hingga tumit mengenai pantat dengan bantuan tangan.
Pastikan tubuh tetap tegak saat melakukan gerakan ini, dan rasakan hingga otot paha depanmu (quadriceps) menegang.
Tahan selama 8 detik.
Lakukan bergantian kaki kiri dan kanan masing-masing 1-2 kali.

Stretching Betis

Berdiri tegak, lalu letakkan kaki kanan di depan, ujung kaki mengarah ke atas.
Tekuk sedikit kaki kirimu hingga terasa otot betis kananmu menegang.
Tahan selama 8 detik.
Lakukan bergantian kaki kiri dan kanan masing-masing 1 kali.

Sekarang letakkan kaki kanan jauh ke belakang, luruskan lutut, dan hadapkan ujung jari kakimu ke depan, dengan seluruh telapak kaki menempel di lantai.
Tekuk lutut kirimu, hingga kau rasakan otot betis kananmu menegang.
Tahan selama 8 detik.
Lakukan bergantian kaki kiri dan kanan masing-masing 1 kali.

Stretching Pergelangan Kaki

Terakhir,
regangkan pergelangan kakimu bergantian kiri dan kanan. Tekuk ke arah samping dalam, ke arah luar, ke belakang dan ke depan. Tahan masing-masing gerakan 8 detik.

Setelah itu mulailah berjalan dengan kecepatan rendah, lalu sedang, lalu makin cepat. Itu kalau kamu melakukan jalan cepat. Kalau kamu suka lari, awalilah dengan jalan dengan kecepatan sedang, lalu cepat, dan akhirnya lari.

Setelah jogging selesai, lakukanlah dengan cooling down dengan urutan terbalik. Bila kamu habis berlari, ubahlah ke jalan cepat, lalu jalan kecepatan sedang, lalu pelan dan berhenti. Sesudah itu lakukan semua stretching tadi, baru setelah itu kamu bisa berhenti.

Selamat jogging!


Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

8 comments:

Media Kesehatan said...

makasih infonya.. joging merupakan olahraga yg paling sering saya lakukan ^^

Sang Cerpenis bercerita said...

berarti senam ringan aku tiap pagi itu semcam stretching ya.

rahmat yudhistira said...

olahraga memng lebih baik..

j4j said...

kirain habis jogging bentar langsung main bola, butuh pelemasan otot juga ya...!!! makasi mbak jawabannya, jadi gak enak nanya terus...!!!

Fanda said...

@Media Kesehatan: Bagus dong kalo rutin berolahraga.

@Fanny: iya Fan. Terusin aja senam ringannya. kalo bisa tambah olahraga lainnya. Jogging mungkin?

@rahmat yudistira: udah olahraga rutin juga belum nih??

@j4j: Masa sih, bukannya baru kali ini nanya? hehe... Eh, kalo habis jogging mau main bola boleh loh. Ntar sesudah main bola (main bola kan lebih tinggi intensitasnya drpd jogging), cooling downnya dengan jalan cepat lalu stretching.

ajeng said...

[manggut-manggut] Jadi mengerti..

Puskel said...

Iya jogging olahraga mudah dan murah tap sehat bila dilakukan dg benar...
Tksi infonya

Wanita Indonesia-IFS said...

detail banget nih cara pemanasannya, thanks banget yah