Fanda and Fitness

Fanda and Fitness
Seorang wanita yang semangat melakukan fitness demi kesehatan dan pembentukan tubuh!
There was an error in this gadget

Followers

Get My Fitness Latest News

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Popular Posts

There was an error in this gadget

My Blog Listing

Blog Directory
Wednesday, September 22, 2010

Cooling Down Setelah Fitness


Maksudnya harus mandi air dingin setelah fitness, gitu? Bukaan… Istilah cooling down artinya peralihan secara bertahap dari level aktifitas yang tinggi menuju ke level nol alias berhenti. Cooling down adalah kebalikan dari warming up (pemanasan). Jadi…kamu gak bisa datang ke gym dengan semangat 45 terus langsung berlari kencang di treadmill atau langsung angkat beban yang berat. Mmm…bisa aja sih, tapi resikonya adalah kamu bisa cedera otot, atau kalau tidak, setelah kamu berlatih, keesokan harinya otot kamu akan terasa sakit semua kayak habis digebukin… Kamu harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. Warming up ini bisa berupa latihan cardio, dan dilanjutkan dengan stretching (tentang stretching akan aku posting terpisah ya).

Begitu juga setelah kamu selesai latihan, kamu gak boleh langsung meringkas bawaanmu lalu langsung ngacir ke kamar ganti begitu saja. Kamu harus melakukan cooling down, yang akan membawa kondisi tubuhmu menuju kondisi sebelum kamu melakukan latihan.

Manfaat cooling down:

Menurunkan suhu tubuh (yang tadinya naik karena latihan), detak jantung dan pernapasan menuju normal.

Mencegah rasa sakit dan pusing setelah latihan. Selama latihan otot telah dipaksa bekerja keras sehingga dalam tubuhmu akan terkumpul racun buangan yang akan membuat tubuh stress. Dengan cooling down tubuh akan membersihkan racun itu dan melepaskan ketegangan.

Jika kamu mendadak berhenti setelah latihan angkat beban atau latihan elliptical trainer yang berat, misalnya, darah dan lactic acid akan terperangkap di dalam otot (lactic acid adalah senyawa yang diakibatkan otot lelah). Dengan melakukan cooling down berarti kamu membantu tubuhmu untuk mengalirkan kembali darah ke jantung sehingga lactic acid pun turut terbuang dari otot. Sirkulasi darah itu juga akan membawa kembali oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh otot untuk proses perbaikan dan pertumbuhan.

Apa saja yang dilakukan saat cooling down?

Berlatih dengan intensitas rendah selama 5-10 menit. Treadmill adalah yang terbaik, atau kamu bisa juga menggerak-gerakkan badan seperti senam ringan. Jika latihan sebelumnya adalah treadmill atau sepeda, lanjutkan latihan itu tapi dengan tempo lambat.

Setelah detak jantung surut, lakukan stretching terutama di otot-otot yang habis dilatih. Tiap stretching dilakukan selama 8 detik, dan bisa diulang untuk otot yang sering sakit.

Terakhir adalah…isi bensin. Loh?? Maksudnya, tubuh kita membutuhkan isi ulang nutrisi untuk membangun otot dan mereparasinya. Air, mineral, karbohidrat dan protein adalah zat yang paling dibutuhkan untuk cooling down. Minumlah minuman berelektrolit kalau kamu habis berolahraga berat, atau minum air sebanyak-banyaknya. Lalu 1-2 jam setelah kamu latihan, makanlah cukup karbohidrat dan protein untuk cadangan energi tubuhmu (yang sudah kamu kuras habis-habisan untuk latihan).

Itulah sekilas tentang cooling down, terus terang suatu hal yang (ngaku nih!!) gak pernah aku lakukan sejak awal aku fitness. Tak heran aku sering merasa sakit otot-ototku keesokan harinya. Ternyata memang aku harus meluangkan waktu barang 15 menit lagi untuk cooling down ini. Semoga bermanfaat buatmu!


Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

10 comments:

TriZ said...

Kalo ada pemanasan tentunya harus ada pendinginan, biar imbang... tapi ci mbaknya juga baru2 ya melakukan cooling down ?.. hehe, kalo aku sih jarang pendinginan, karena pemanasannya juga jarang.. haha

Puskel said...

Melalui proses pendinginan diharapkan tubuh bisa bugar kembali. Paling sering dengan strecthing..

Fanda said...

@Triz: iya nih, aku baru2 aja melakukannya.

@Puskel: ya, juga menghindari pegal

Media Kesehatan said...

Siip... buat mulai fitnes besok... ^^
Oy mba. linkny sudah saya pasang
makasih :)

Sang Cerpenis bercerita said...

ternyata bukan emosi aja yg mesti di cooling down...ya. hehhee

Female Stuffs said...

Kadang karena udah kecapekan berolahraga, cooling down nya jadi sebentaar banget, cuma sekedar ada :p
Pantas ototku jadi sakit semua. Akhirnya, jadi malas olahraga lagi...
Risma

j4j said...

Cooling down bisa dengan jogging gak mbak? trus klo kita olahraganya jogging cooling downnya ngapain?

Fanda said...

@Media Kesehatan: Aku menyemangati aja buat fitness-nya besok ya! Dan makasih linknya...

@Fanny: hehe...semua yg panas harus didinginkan dong.

@Female Stuff: aku jg gitu dulu, makanya sekrg aku perbanyak cooling downnya

@j4j: Kalo jogging, cooling downnya bisa dengan jalan biasa, lalu stretching kaki. Ntar akan aku posting ttg ini

Blog Keluarga said...

Link sudah saya add. Terima kasih... Silahkan di cek di Source Link Blog Keluarga

Fanda said...

@Blog Keluarga: makasih ya...