Fanda and Fitness

Fanda and Fitness
Seorang wanita yang semangat melakukan fitness demi kesehatan dan pembentukan tubuh!
There was an error in this gadget

Followers

Get My Fitness Latest News

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Popular Posts

There was an error in this gadget

My Blog Listing

Blog Directory
Monday, October 11, 2010

Weight Loss = Diet + Fitness



Ada banyak cara untuk menjalankan program weight-loss atau penurunan berat badan. Tapi kebanyakan orang (terutama wanita) hanya menjalankan salah satu cara saja: DIET. Seperti yang pernah kutulis tentang bisakah kita kurus dengan diet, diet memang bisa menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan pada saat-saat awal (terutama kalau kamu memang mengalami obesitas). Tapi setelah itu biasanya orang mengendorkan dietnya karena merasa toh berat badan sudah berkurang, bolehlah ‘cuti diet’ sejenak, lalu nanti kamu akan melanjutkan lagi dietmu. Apakah strategi ini akan berhasil? Jawabnya: TIDAK!

Diet saja tanpa fitness akan menurunkan metabolisme dan membuat tubuhmu menjadi tidak energik, stamina menurun, bahkan membuat tubuhmu berada dalam posisi defensive. Dalam kondisi itu, tubuhmu akan memproduksi lebih banyak hormon dan enzim penyimpan lemak. Hal ini berarti, begitu anda lalai untuk diet, berat badan anda akan merangkak naik lagi.

Ada juga beberapa temanku yang, ketika kuajak untuk fitness bareng di gym karena dia mengeluh sudah diet tapi tetap gemuk, menjawab begini: “Aku gak mau olahraga, karena kalau suatu hari aku berhenti olahraga, berat badanku malah akan makin naik.” Dan ketika aku mengatakan bahwa dengan fitness, otot kita akan menjadi lebih kencang, seorang teman cewek menjawab: “Aku dulu pernah fitness, tapi begitu aku berhenti ototku malah kendur, jadi sekarang aku gak mau fitness lagi”.

Dalam hati aku hanya tertawa saja, karena aku teringat apa yang pernah kubaca di buku “Fat-Loss Not Weight-Loss” karangan dr. Phaidon L. Toruan. Dia juga mendapat pertanyaan senada dari salah satu muridnya, dan ini aku kutip jawaban beliau di buku itu: [quote]Kalau begitu, Anda tidak usah mandi. Nanti akan bau lagi. Mengapa kita harus mandi? Karena secara alamiah tubuh akan memproses energy, mengeluarkan keringat, belum lagi ditambah dengan asap kendaraan bermotor, sehingga kita akan bau kembali. Demikian juga dengan tubuh, setiap hari menimbun makanan dan mengalami proses penuaan. Apabila energy tersebut tidak dibakar maka dengan sendirinya akan tertimbun lagi, dan Anda pun akan gemuk lagi.[unquote]

Lalu bagaimana dengan iklan-iklan yang member janji “Berat badan turun dalam sekian minggu atau bulan”? Apakah setelah sekian minggu itu terlewati lalu anda bisa kembali pada kebiasaan anda sebelumnya? Jangan lupa, program penurunan berat badan tidak sama dengan mengecat mobil. Saat pengecatan sudah selesai, mobil anda jadi kinclong, lalu…ya sudah. Anda tak perlu melakukan apapun lagi. Diet yang sehat dan fitness tetap perlu dilakukan SEPANJANG HIDUP mu! Kalau tidak, sia-sia penurunan berat badan yang kamu perjuangkan itu, karena tak lama lagi beratmu pasti akan kembali kalau kamu melepaskan diet sehat dan fitnessmu. Tubuh perlu dijaga dan dikontrol. Aturannya tetaplah sama: jangan sampai kalori yang dikonsumsi lebih banyak dari yang dibuang. Jadi solusinya? Diet sehat DAN fitness atau olahraga lainnya.

Kalau mungkin tambahkan latihan beban karena latihan itu dapat menumbuhkan otot yang akan mengoptimalkan pembakaran lemak dalam tubuh, dan bonusnya: bentuk tubuh yang lebih kencang.


Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

8 comments:

yang pinginsehat said...

gmn nanti jika setelah olahraga makannya jadi banyak, mb? :D

~Serendipity~ said...

Aha...berarti ungkapan kalo berhenti fitness malah jadi makin gendut itu salah dong ya, mbak. Aku percaya, karena ada yang bilang, kalo sudah coba fitness jangan coba berhenti. Karena kalo berhenti, malah bisa lebih gendut dari yang sebelumnya. Hehehe...
Risma

Bang Iwan said...

Saya malah mau nambah berat badan nih mbak...

Media Kesehatan said...

Mmmh... yg jelas olahraga pasti bikin sehat ^^

oy sahabat saya follow ya.. follow balik ya :)

Fanda said...

@yang pingin sehat: hbs olahraga memang harus makan banyak utk mengganti energi yg hilang waktu olahraga. Tapi tetap setelah kenyang hrs berhenti dong biar ga kebanyakan

@Serendipity: Kesimpulannya, kalo memang mau menjaga berat badan ideal atau membentuk badan, itu adalah long time commitment. Setelah berhenti fitness badan bisa kembali ke berat semula. Tp kalo kamu gak mengerem makan, bisa malah makin gemuk.

@Bang Iwan: wah pasti habis kebanyakan sibuk ya sampe kurus...

@Media kesehatan: makasih follownya, OK ntar aku follow juga.

joanna said...

hmm..aku yakin deh itu..memang diet aja ga cukup :) tambah semangat utk menjaga hidup lebih sehat lagi

Bang Iwan said...

@fanda : emang dari dulu Mbak... body tetap aja 69 Kg... kalau dik Munir malah 98 Kg.

purity12lover said...

With the economy right now, good, healthy, and affordable weight-loss products are a rare treat. Luckily, as I was web surfing for good finds, as this is my daily routine, I found Purity 12’s website. Being a good shopper that I am, I looked at some of their products, and I was just blown away. Why it is that no one recognizes Purity 12’s products when they’re really great? I just don’t really get it! Their products should be out in the market like wildfire! I really suggest that you try it now because you really won’t regret it. http://if1s.com?139